Selasa 23 May 2023 20:42 WIB

Jaga Ekosistem Perairan, Pupuk Kaltim Gelar Aksi Peduli Sampah

Sebanyak 191,8 kg sampah berhasil dikumpulkan dan diserahkan ke bank sampah.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pupuk Kaltim menggelar Aksi Tergerak Peduli Sampah dan Terumbu Karang (Terus Terang) di Pulau Beras Basah, Bontang, Kalimantan Timur.
Foto:

Begitu pula dengan ekosistem terumbu yang merupakan salah satu fokus Pupuk Kaltim dalam menjaga kondisi perairan yang sejauh ini terus ditingkatkan melalui aksi rehabilitasi melalui program konservasi secara berkelanjutan. 

"Pencemaran laut oleh sampah akan berdampak terhadap kelangsungan hidup terumbu karang. Hal ini menjadi perhatian Pupuk Kaltim, agar kedepan tumbuh kesadaran bersama untuk senantiasa menjaga laut yang bebas dari sampah dengan ekosistem terumbu yang terjaga," lanjut Indardi. 

Indardi menyampaikan kegiatan ini melibatkan karyawan Pupuk Kaltim sebagai relawan untuk mengasah kepekaan sosial insan perusahaan. Sebagai perusahaan yang berada di wilayah pesisir, Indardi menyebut Pupuk Kaltim berkomitmen mendukung kelestarian terumbu karang, sebagai wujud harmoni antara perusahaan dengan lingkungan. 

"Program Evolution menjadi wadah bagi karyawan untuk terlibat aktif di berbagai kegiatan yang sesuai dengan nilai-nilai perusahaan, baik pada aksi sosial kemasyarakatan maupun lingkungan," sambung Indardi. 

Indardi menyampaikan Evolution telah menggagas sejumlah kontribusi nyata dengan keterlibatan aktif seluruh karyawan pada berbagai program seperti InFormAction (Investing in Farming and Forest for Climate Action) melalui penanaman 500 bibit di kawasan sekitar perusahaan guna mendukung program Community Forest Pupuk Kaltim dalam mendorong dekarbonisasi dengan target 12 ribu bibit berbagai jenis. Kemudian Kreasi Berkah (Kegiatan Aktif Bersih Sampah di Sekolah), dan  program Bejana (Sumber Air Terjaga, Kehidupan Bahagia) melalui penanaman pohon di lingkungan tempat tinggal untuk menjaga sekaligus mempertahankan kondisi air tanah di Kota Bontang. 

"Aksi Evolution akan terus dilaksanakan berkesinambungan dengan berbagai program yang dipastikan memiliki manfaat terhadap perbaikan lingkungan maupun sosial kemasyarakatan," kata Indardi.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement