Ahad 21 May 2023 00:23 WIB

Perkuat Hubungan dengan Rusia, Penerbangan Langsung Jakarta-Vladivostok Segera Dibuka

Rute itu diharapkan berkembang menjadi Vladivostok menuju Moskow.

Pemandangan Kota Vladivostok, Rusia. Indonesia akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke kota di ujung timur Rusia, Vladivostok.
Pemandangan Kota Vladivostok, Rusia. Indonesia akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke kota di ujung timur Rusia, Vladivostok.

REPUBLIKA.CO.ID, MOSKOW -- Indonesia akan membuka penerbangan langsung dari Jakarta ke kota di ujung timur Rusia, Vladivostok. Jalur penerbangan itu rencananya akan dihubungkan dengan transit ke berbagai kota di Rusia. Hal itu diungkapkan oleh Wakil Kepala Perwakilan KBRI Moskow Berlian Helmi. 

"Kami akan membuka lalu lintas udara langsung dengan Jakarta," ujar Berlian kepada Tass dikutip pada Sabtu (20/5/2023).

Baca Juga

Berlian menjelaskan, target penerbangan yang akan dibuka, yakni Jakarta dan Vladivostok. Kemudian, rute itu diharapkan berkembang menjadi Vladivostok menuju Moskow, Bashkortostan, Nizhny Novgorod, dan Tomsk. 

Dia menekankan, seluruh kesepakatan yang diperlukan sudah diraih. Indonesia siap memulai penerbangan ke Vladivostok apabila bandara lokal sudah menyatakan kesiapan pula untuk menampung penerbangan tersebut.

Vladivostok adalah kota terbesar di ujung timur Rusia. Kota itu juga menjadi pelabuhan utama di Laut Jepang dan berjarak 45 kilometer dari perbatasan dengan China. Jakarta dan Vladivostok berjarak 6.000 kilometer, sementara jarak Ibu Kota Indonesia itu menuju Moskow sekitar 9.000 kilometer. 

Berlian menjelaskan, kebijakan tersebut turut menyambut sikap Rusia yang kini semakin mendekat ke negara-negara Timur. "Rusia saat ini melihat ke Timur, sehingga kami juga melihat ke arah Rusia," ujarnya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement