Rabu 17 May 2023 08:02 WIB

Penanaman Mangrove Bersama TNI, Pupuk Kaltim Salurkan 10 Ribu Bibit

Pupuk Kaltim memperkuat sinergi untuk mendorong dekarbonisasi.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Friska Yolandha
Pupuk Kaltim berpartisipasi 10.000 bibit pada program Penanaman Mangrove Nasional di wilayah Kodim 0908 Bontang.
Foto:

Selain itu, Community Forest juga mengajak peran masyarakat untuk mendapatkan manfaat, baik dari sisi produktivitas lahan maupun kesejahteraan. Program ini menyasar lahan tidur maupun lahan kritis milik masyarakat, untuk dimanfaatkan agar kembali produktif dengan penanaman berbagai jenis pohon dan komoditas yang difasilitasi serta didampingi langsung oleh Pupuk Kaltim. 

"Dari program ini Pupuk Kaltim tidak hanya membantu pemerintah untuk menekan emisi karbon dan mengembalikan produktivitas lahan kritis, tetapi juga memberikan dampak langsung terhadap kesejahteraan karena hasil komoditas yang ditanam bisa dimanfaatkan oleh masyarakat," kata Qomaruzzaman. 

Qomaruzzaman menegaskan, Pupuk Kaltim akan terus memperkuat sinergi dan kolaborasi multi pihak, dalam upaya mendorong dekarbonisasi dan pelestarian lingkungan hidup guna pencapaian target NDC. Beragam program perbaikan dan pelestarian lingkungan akan terus didukung perusahaan tak hanya di Kota Bontang, tapi juga seluruh wilayah Indonesia. 

"Hal inilah yang menjadi dasar Pupuk Kaltim untuk senantiasa terlibat dalam aksi penyelamatan dan pelestarian lingkungan, seperti pada Penanaman Mangrove Nasional oleh TNI. Semoga kolaborasi ini akan membawa dampak yang jauh lebih signifikan terhadap keberlanjutan ekosistem dan lingkungan," kata Qomaruzzaman.

Wali Kota Bontang, Basri Rase mengatakan, aksi penyelamatan lingkungan sejatinya membutuhkan kolaborasi seluruh pihak, agar setiap program yang digagas mampu berjalan optimal. Terlebih Kota Bontang dengan 70 persen kawasan perairan, maka ekosistem mangrove sangat dibutuhkan untuk penahan abrasi disamping fungsinya sebagai penyerap karbondioksida.

Basri pun mengapresiasi dukungan Pupuk Kaltim bersama TNI dalam menyukseskan program Penanaman Mangrove Nasional di Kota Bontang, sebagai bentuk kepedulian bersama dalam menjaga lingkungan dan kawasan perairan bagi generasi mendatang. 

"Pemkot Bontang berharap kolaborasi seperti ini bisa terus ditingkatkan, baik antara perusahaan dengan masyarakat maupun bersama stakeholder terkait lainnya. Sehingga dengan keterlibatan seluruh pihak, pelestarian lingkungan hidup dan ekosistem di Kota Bontang terus terjaga dengan baik," kata Basri.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement