Jumat 12 May 2023 23:58 WIB

Beberapa Crypto Exchange Dunia Bangkrut, Indodax Pilih Perkuat Keamanan

Indodax memutuskan untuk melakukan audit Proof of Reserve untuk keamanan aset

Indodax
Foto: https://m.facebook.com/indodax
Indodax

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Fase market bearish pada 2022 yang menyebabkan beberapa crypto exchange besar dunia bangkrut, menyisakan berbagai sentimen negatif yang cukup mempengaruhi pasar kripto pada tahun lalu. Kebangkrutan bursa kripto besar yaitu FTX pada tahun lalu sedikit banyak membuat atensi investor kripto dan tak terkecuali CEO Indodax, Oscar Darmawan selaku pelaku industri. 

Sebagai Calon Pedagang Fisik Aset Kripto (CPFAK) lokal yang berdiri pertama kali di Indonesia, Indodax mengedepankan keamanan aset member dan kenyamanan member dapat bertransaksi.

"Dilatarbelakangi oleh hal tersebut, Indodax memutuskan untuk melakukan audit Proof of Reserve (PoR) dan Perhitungan Kecukupan Likuiditas Perusahaan," ujarnya dalam keterangan tulis, Jumat (12/5/2023).

Pada awal tahun ini, Indodax bekerjasama dengan auditor kenamaan Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo untuk melakukan audit ini. Ini merupakan salah satu bentuk konsistensi dan pembuktian kami kepada nasabah Indodax bahwa Indodax adalah crypto exchange terpercaya dan kami adalah crypto exchange yang memiliki likuiditas baik.

Sesuai dengan pernyataan resmi yang Indodax dapatkan, Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo telah melakukan verifikasi Penerapan Prosedur yang Disepakati Bersama (AUP) atas Proof of Reserve (PoR) dan Perhitungan Kecukupan Likuiditas Perusahaan pada  31 Januari 2023, dan kemudian menerbitkan laporan AUP pada 18 April 2023.

"Dapat kami sampaikan bahwa berdasarkan pemeriksaan kami sesuai dengan prosedur yang disepakati, kami tidak menemukan pengecualian atau ketidaksesuaian atas aset kripto yang dimiliki oleh Perusahaan," ucapnya.

"Jumlah aset kripto dan aset lainnya yang diperiksa telah sesuai dan benar. Kami juga memastikan bahwa saldo kas dan piutang payment gateway Perusahaan melebihi total saldo kewajiban member pada tanggal yang sama," ucapnya.

Selain itu, saldo aset kripto Perusahaan juga melebihi total portofolio member pada tanggal yang sama berdasarkan pernyataan resmi dari Kreston Indonesia KAP Hendrawinata Hanny Erwin & Sumargo yang bisa diakses laman Blog Indodax.

Dengan adanya hasil audit resmi ini, Oscar sebagai pelaku industri berharap crypto exchange lokal yang terdaftar di Bappebti lainnya juga bisa melakukan audit seperti ini untuk menjamin likuiditas yang dimiliki oleh perusahaan.

"Saya yakin jika crypto exchange lokal sudah melakukan audit dan mengumumkan hasil auditnya, investor kripto dalam negeri akan semakin percaya dan memilih dapat bertransaksi crypto exchange lokal yang sudah jelas keamanannya dari segi legalitas oleh pemerintah ataupun dari segi likuiditas yang dimiliki. Trust dan transparency adalah hal yang sangat penting di industri kripto," jelas Oscar.

Sebelum melakukan kerjasama audit ini, Indodax sudah lebih dulu mengumumkan address tagging secara terbuka di Etherscan.io untuk dompet Ethereum dan dompet Bitcoin yang sudah disebar pada November 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement