Jumat 12 May 2023 15:05 WIB

CIMB Niaga Bidik Transaksi Kartu Kredit Tumbuh Double Digit Tahun Ini

Pada kuartal I 2023, transaksi kartu kredit lebih banyak digunakan di restoran.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Lida Puspaningtyas
Nasabah melakukan pembayaran dengan menukar Poin Xtra melalui Digital Banking Super App OCTO Mobile usai mengikuti jalan santai bertajuk “Gerak Untuk Bumi” dalam rangka peringatan HUT 67 tahun CIMB Niaga di Jakarta, Ahad (25/9/2022).
Foto: REPUBLIKA/DARMAWAN
Nasabah melakukan pembayaran dengan menukar Poin Xtra melalui Digital Banking Super App OCTO Mobile usai mengikuti jalan santai bertajuk “Gerak Untuk Bumi” dalam rangka peringatan HUT 67 tahun CIMB Niaga di Jakarta, Ahad (25/9/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bank CIMB Niaga Tbk (CIMB Niaga) optimistis bisnis kartu kredit dapat tumbuh double digit tahun ini. Pada kuartal pertama 2023, transaksi kartu kredit CIMB Niaga mengalami pertumbuhan 20 persen.

"Adapun saldo outstanding kartu kredit mencapai Rp 9 triliun," kata Direktur Consumer Banking CIMB Niaga Noviady Wahyudi, Jumat (12/5/2023).

Baca Juga

Di bisnis kartu kredit, Noviady mengeklaim, CIMB Niaga merupakan salah satu pemain terbesar di Indonesia. Bahkan volume transaksi kartu kredit JCB CIMB Niaga menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara.

Seiring pulihnya mobilitas masyarakat, Noviady mengatakan, transaksi kartu kredit CIMB Niaga mengalami peningkatan yang signifikan. Menurut Noviady, transaksi kartu kredit CIMB Niaga saat ini telah lebih dari Rp 3 triliun, naik dari saat sebelum pandemi di kisaran Rp 2,5 triliun.

"Mungkin pas pandemi terjadi koreksi, tapi setelah pandemi peningkatannya jauh lebih tinggi," kata Noviady.

Selama pandemi, Noviady melihat, penggunaan kartu kredit lebih banyak untuk transaksi di e-commerce. Kemudian memasuki kuartal IV 2022, transaksi melalui kartu kredit banyak dilakukan di pusat perbelanjaan.

Lalu pada kuartal I 2023, transaksi kartu kredit lebih banyak digunakan di restoran karena bertepatan dengan momen Ramadhan. Sementara pada kuartal II 2023, menurut Noviady, transaksi kartu kredit banyak digunakan untuk keperluan pembelian tiket transportasi dan hotel.

Noviady optimistis transaksi kartu kredit akan terus meningkat hingga akhir 2023. "Kami menargetkan pertumbuhan transaksi tahun ini double digit direntang 10-20 persen," ujar Noviady.

Salah satu upaya CIMB Niaga untuk mendongkrak transaksi kartu kredit, yaitu dengan menggelar XTRA XPO. Program yang berlangsung selama 19-21 Mei 2023 ini menawarkan XTRA Crazy Deals Diskon 50 persen Pakai Poin Xtra hingga 50 ribu kuota.

Melalui XTRA XPO, CIMB Niaga memberikan kesempatan kepada nasabah untuk memanfaatkan keistimewaan Poin Xtra yang dimiliki. Khusus dalam acara ini nasabah bisa menukarkan Poin Xtra menjadi voucer merchant dengan diskon sebesar 50 persen.

"Dengan voucer tersebut nasabah dapat membeli berbagai produk dari mitra CIMB Niaga secara lebih hemat dan dengan waktu yang lebih fleksibel hingga masa berlaku voucer habis," kata Noviady.

Adapun produk-produk tersebut mulai dari rumah, mobil, gadget, tiket travel, belanja berbagai kebutuhan (shopping), hingga makanan dan minuman (dining). Program ini akan digelar secara serentak di tiga kota, Jakarta, Medan, dan Surabaya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement