Kamis 11 May 2023 14:12 WIB

Pertamina Bakal Tindak Tegas Penimbun BBM Bersubsidi!

Pertamina memberi sanksi pada penyalur yang menjual BBM tak tepat sasaran.

Rep: Dedy Darmawan Nasution/ Red: Friska Yolandha
Suasana di sejumlah SPBU di Sleman usai pemerintah menurunkan harga BBM non subsidi, Selasa (3/1) siang.  Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat masih terus memantau penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran.
Foto: Republika/Febrianto Adi Saputro
Suasana di sejumlah SPBU di Sleman usai pemerintah menurunkan harga BBM non subsidi, Selasa (3/1) siang. Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat masih terus memantau penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat masih terus memantau penjualan Bahan Bakar Minyak (BBM) bersubsidi agar tepat sasaran. Pertamina menegaskan, tidak akan segan memberikan sanksi apabila menemukan SPBU yang melakukan kecurangan dalam bentuk apapun termasuk yang terkait BBM subsidi.

Adapun saat ini peraturan dasar aturan konsumen dan pembelian maksimum khusus untuk BBM solar subsidi adalah Peraturan Presiden Nomr 191 tahun 2014 dan Surat Keputusan Kepala Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas (BPH Migas) Nomor 4 Tahun 2020.

Baca Juga

Pjs Area Manager Comm Relations & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Jawa Bagian Barat Joevan Yudha Achmad mengatakan, Pertamina Patra Niaga mengawal ketat penyaluran dan penjualan BBM bersubsidi agar tepat sasaran. Apabila terdapat indikasi unsur pidana penyalahgunaan BBM subsidi maka tindakan tersebut akan diproses sesuai ketentuan hukum yang berlaku.

"Kembali kami mengingatkan akan ada sanksi pidana pada penyalahgunaan BBM subsidi yang tertera pada Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2001 Tentang Minyak dan Gas Bumi dengan pidana penjara paling lama enam tahun dan denda paling tinggi Rp 60 miliar," tegas Joevan dalam keterangan pers, Rabu (11/5/2023).

Pertamina sendiri, kata Joevan, juga memberikan sanksi tegas terhadap lembaga penyalur yang terbukti menjual BBM bersubsidi tidak tepat sasaran. Yaitu berupa skorsing pemberhentian penyaluran BBM bersubsidi selama 30 hari hingga Pemutusan Hubungan Usaha (PHU).

“Kami juga berterimakasih kepada masyarakat yang proaktif membantu pengawalan dengan melaporkan apabila mengetahui adanya tindak pidana penyalahgunaan BBM bersubsidi. Masyarakat dapat melapor ke kepolisian terdekat atau menghubungi Pertamina Call Center 135,” tambah Joevan.

Ia menambahkan, apabila masyarakat membutuhkan informasi seputar produk, layanan dan program Subsidi Tepat, masyarakat dapat menghubungi Pertamina Call Center 135 yang akan melayani selama 24 jam.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement