Rabu 10 May 2023 14:14 WIB

Siap-Siap, Rekrutmen Bersama BUMN akan Dibuka Besok

Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Akhlak pada 10-19 Juni 2023.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Lida Puspaningtyas
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).
Foto: Dok. Kementerian BUMN
Menteri BUMN Erick Thohir memberikan pembekalan peserta rekrutmen bersama BUMN 2022 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta, Rabu (18/5/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) bersama Forum Human Capital Indonesia (FHCI) BUMN secara resmi akan membuka pendaftaran Rekrutmen Bersama BUMN (RBB) 2023 pada Kamis (11/5/2023) besok.

"Pembukaan dan registrasi online RBB 2023 menjadi 11 Mei 2023. Dengan harapan dapat memberikan ruang bagi para talenta muda untuk melakukan persiapan lebih optimal," tulis informasi FHCI melalui akun Instagram, @fhci.bumn.

Baca Juga

Para peserta yang hendak ikut mendaftar diminta mempersiapkan sejumlah dokumen, seperti KTP, ijazah, dan transkrip nilai, SKCK, sertifikat kompetensi, sertifikat prestasi, sertifikat kemampuan bahasa Inggris, surat rekomendasi, dan lain-lain.

Prosesor RBB dimulai dari tahap pendaftaran pada 11 Mei 2023, kemudian pengumuman seleksi administrasi pada 1 Juni 2023, lalu Tes Kemampuan Dasar (TKD) dan Akhlak pada 10-19 Juni 2023, pengumuman hasil TKD pada 10-19 Juni 2023, tes bahasa Inggris pada 8-12 Juli 2023, pengumuman tes bahasa Inggris: 19 Juli 2023, tes oleh BUMN pada 22 Juli-9 Agustus 2023, dan pengumuman final: 16 Agustus 2023. Untuk informasi lebih lanjut, para peserta bisa mengecek persyaratan dan posisi lowongan.

"Jangan sampai melewatkan kesempatan ini ya, Sob! Raih karier impianmu, dengan belajar, bertumbuh, dan berkontribusi untuk Indonesia," lanjut informasi dari FHCI.

FHCI juga memberikan lima tips kepada seluruh peserta agar dapat lolos RBB 2023. Pertama, menyiapkan kelengkapan dokumen dengan detail. Para peserta diminta memastikan semua kebutuhan dokumen sudah lengkap dan perhatikan data seperti e-mail dan nomor HP yang diinput tidak salah agar tidak ada informasi yang terlewat.

Kedua, mengenali perusahaan yang dituju dengan sudah mengetahui latar belakang serta pencapaian yang diraih perusahaan. Hal ini akan meyakinkan rekruter bahwa kamu sudah riset dan paham mengenai perusahaan tersebut.

Ketiga, mempelajari kemampuan dan kelemahan diri. Dengan memahami kedua hal tersebut, pendaftar akan lebih mudah mempersiapkan diri dan rekruter juga akan mudah Anda di posisi yang paling sesuai. Keempat, mempersiapkan diri untuk wawancara.

Pastikan saat wawancara wawancara kamu telah mempersiapkan hal seperti memahami isi CV dan dapat menjelaskan alasan melamar pada posisi yang dituju, datang tepat waktu, dan berpakaian rapi. Terakhir, lakukan yang terbaik dan jangan lupa berdoa demi kelancaran proses rekrutmen.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement