Sabtu 29 Apr 2023 00:06 WIB

Daihatsu Langgar Prosedur Tes Tubrukan Samping Toyota Yaris

CEO Toyota Akio Toyoda meminta maaf atas pelanggaran tersebut.

Logo Daihatsu Motors dan Toyota Motor ditampilkan di Tokyo Motor Show ke-45 di Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017.
Foto: Reuters
Logo Daihatsu Motors dan Toyota Motor ditampilkan di Tokyo Motor Show ke-45 di Tokyo, Jepang, 25 Oktober 2017.

REPUBLIKA.CO.ID,TOKYO– Pembuat mobil Jepang Daihatsu Motor Co Ltd pada hari Jumat mengaku melanggar prosedur uji tabrakan samping untuk beberapa model yang dibuatnya untuk perusahaan induk Toyota Motor Corp, dengan mengatakan akan menyelidiki masalah tersebut untuk mengetahui apa yang terjadi.

“Daihatsu mencurangi bagian pintu dalam tes keselamatan tabrakan samping yang dilakukan untuk sekitar 88.000 mobil merek Yaris Ativ dan Perodua Axias, yang sebagian besar dijual dengan merek Toyota,” kata perusahaan itu pada hari Jumat (28/4/2023).

Baca Juga

Mereka mengatakan trim pintu pada kendaraan yang terkena dampak telah dimodifikasi dengan "takik" untuk meminimalkan risiko dalam pengujian bahwa bagian dalam pintu dapat pecah dengan ujung yang tajam dan menyebabkan cedera pada penumpang saat kantung udara samping terbuka saat terjadi kecelakaan. Modifikasi untuk pengujian bukan bagian dari kendaraan produksi, kata perusahaan itu.

CEO Toyota Akio Toyoda mengatakan perusahaan sedang menyelidiki bagaimana panel samping Yaris dan model lainnya telah diubah untuk pengujian keselamatan dan meminta maaf atas apa yang disebutnya sebagai pelanggaran kepercayaan konsumen yang "tidak dapat diterima".

Toyota mengatakan belum menerima laporan kecelakaan atau cedera terkait dengan uji tabrak samping yang dicurangi. "Kami akan melanjutkan penyelidikan terperinci mulai sekarang, tetapi berjanji untuk memahami dengan pasti apa yang terjadi di lokasi, menyelidiki niat sebenarnya dan bekerja dengan tulus untuk mencegah terulangnya," kata Toyoda kepada wartawan. "Kita akan membutuhkan waktu untuk melakukan itu," katanya.

Daihatsu mengatakan telah menemukan uji keamanan yang curang setelah munculnya laporan. Daihatsu telah melaporkan masalah tersebut ke badan pengatur dan menghentikan pengiriman model yang terpengaruh.

Model yang terkena dampak termasuk Toyota Yaris Ativa buatan Thailand mulai Agustus lalu, dan Perodua Axias diproduksi di Malaysia mulai Februari.

Dari 88 ribu lebih kendaraan, sekitar 76 ribu adalah model Yaris yang sebagian besar dikirim ke Thailand, Meksiko, dan negara-negara Dewan Kerja Sama Teluk, kata Daihatsu. Dewan Kerja Sama Teluk terdiri dari Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Kuwait, Qatar, Bahrain dan Oman.

Sekitar 11.800 kendaraan yang terkena dampak adalah Axia yang diproduksi oleh Daihatsu di pabrik patungan yang dijalankannya dengan produsen mobil Malaysia, Perodua. Mobil-mobil itu dijual di Malaysia.

Daihatsu mengatakan akan menjalankan tes keamanan baru di hadapan regulator dan memastikan keamanan model sebelum melanjutkan pengiriman.

Penemuan uji keamanan yang curang adalah krisis pertama bagi Presiden Toyota Koji Sato, yang mengambil alih jabatan puncak dari Toyoda pada 1 April lalu.

"Kami harus menemukan penyebab dari apa yang terjadi, termasuk memeriksa lingkungan di mana hal itu terjadi, dan setelah kami memastikannya untuk mengambil tindakan yang tepat untuk mengatasi penyebab yang mendasarinya," kata Sato.

Toyoda, yang menjadi presiden Toyota pada 2010 ketika serangkaian penarikan kembali beberapa produk Toyota mendorong penyelidikan pemerintah Amerika Serikat, mengatakan dia ingin semua karyawan Toyota dan mereka yang berada di afiliasi memahami bahwa "membuat mobil yang lebih baik" membutuhkan komitmen untuk berbicara tentang masalah."Kita tidak bisa lari dari ini atau bersembunyi," katanya.

Daihatsu, yang berspesialisasi dalam produksi mobil kecil, menjadi anak perusahaan yang dimiliki sepenuhnya oleh Toyota pada 2016 ketika Toyoda menjadi presiden.

Insiden itu terjadi pada saat Toyota telah meningkatkan produksi kembali dari pembatasan yang diberlakukan oleh kekurangan semikonduktor, menghadapi tekanan untuk bergerak lebih cepat untuk meluncurkan kendaraan listrik baru dan bersaing dengan biaya dan berurusan dengan penurunan penjualan di China yang menjadi pasar utama dunia.

 

 

 

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement