Ahad 16 Apr 2023 13:17 WIB

Toyota Tetap Yakin Mobil Ramah Lingkungan tak Harus Mobil Listrik

Toyota dan Exxon Mobil mengembangkan bahan bakar rendah karbon pada mesin bensin.

Toyota Crown 2023
Foto: Motor1.com
Toyota Crown 2023

REPUBLIKA.CO.ID,Toyota baru-baru ini bermitra dengan Exxon Mobil untuk mengembangkan dan menguji bahan bakar rendah karbon pada mesin bensin. Upaya ini bertujuan untuk mengurangi emisi rumah kaca dari kendaraan yang ada dan menawarkan alternatif kepada konsumen selain  me-upgrade mobil mereka ke kendaraan listrik.

Campuran bensin dikembangkan dengan campuran bahan baku, termasuk biomassa dan etanol menggunakan proses penyempurnaan yang bertujuan untuk mengurangi produksi emisi selain menurunkan emisi di pipa knalpot. Menurut Andrew Madden, wakil presiden Exxon untuk strategi dan perencanaan, bahan bakar ini suatu hari dapat mengurangi emisi karbon sebanyak 75 persen dibandingkan dengan bensin biasa.

Baca Juga

Saat ini bahan bakar tersebut sedang dalam tahap uji coba namun telah terbukti kompatibel dengan kendaraan Toyota. Jika berhasil, program bahan bakar alternatif dapat memberikan alternatif untuk mobil bertenaga baterai di masa depan, memungkinkan pengemudi untuk mempertahankan mobil mereka yang sudah ada atau meningkatkan ke kendaraan hibrida atau pembakaran internal lainnya yang lebih bersih.

Setelah bahan bakar alternatif ini layak secara komersial, rintangan berikutnya adalah dukungan kebijakan pemerintah. “Memiliki solusi untuk bahan bakar cair yang dapat kami gunakan di armada yang ada, memilikinya dalam bentuk kebijakan yang memungkinkan pasar untuk berinovasi, adalah cara dengan biaya terendah untuk mendekarbonisasi transportasi,” kata Madden sebagaimana dilaporkan oleh Motor1.Com Jumat (14/4/2023).

Di Amerika Serikat (AS) dan banyak negara lain, pembeli kendaraan listrik (EV) baru saat ini menerima kredit pajak. Exxon dan Toyota berpendapat bahwa kebijakan yang lebih baik adalah fokus pada siklus emisi itu dengan tetap menghargai produksi bahan bakar rendah karbon. Karena faktanya EV memiliki ketergantungan   pada jaringan listrik yang ditenagai oleh sumber gas rumah kaca.

 

Exxon dan Toyota memiliki sejarah dalam mengembangkan teknologi untuk mengurangi emisi transportasi. Sebelum menjatuhkan idenya, Exxon sebelumnya menggembar-gemborkan alga sebagai alternatif berkelanjutan untuk bahan bakar diesel. Sementara itu, Toyota banyak berinvestasi dalam teknologi hibrida dan bahan bakar hidrogen sebagai bagian dari pendekatan multifaset untuk mengurangi emisi. Kedua perusahaan percaya bahwa meskipun permintaan EV baru terus meningkat, upaya harus dilakukan untuk menurunkan emisi karbon pada armada yang ada untuk memenuhi tujuan iklim.

 

"Tidak peduli apa yang Anda pikirkan tentang kecepatan transisi elektrifikasi, akan ada satu miliar, bahkan ratusan juta kendaraan di jalan untuk waktu yang cukup lama," kata Tom Stricker, wakil presiden untuk keberlanjutan dan urusan di Toyota. Bahan bakar rendah karbon “cukup penting dalam mencapai pengurangan gas rumah kaca dengan cepat.”

 

sumber : Motor1.com
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement