Selasa 25 Apr 2023 16:15 WIB

43 Ribu Penumpang KA Jarak Jauh Sudah Tiba di Jakarta

Sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai naik.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Pemudik dari arah Semarang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (24/4/2023). Arus balik mudik lebaran 1444 Hijriah mulai berlangsung di Stasiun Pasar Senen, sejumlah pemudik mulai berdatangan kembali ke Jakarta . Sementara menurut data  PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 40.000 pemudik mulai tiba di area Daop 1 Jakarta yakni di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibanding hari biasanya.
Foto: Republika/Thoudy Badai
Pemudik dari arah Semarang tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Senin (24/4/2023). Arus balik mudik lebaran 1444 Hijriah mulai berlangsung di Stasiun Pasar Senen, sejumlah pemudik mulai berdatangan kembali ke Jakarta . Sementara menurut data PT Kereta Api Indonesia (Persero) mencatat sebanyak 40.000 pemudik mulai tiba di area Daop 1 Jakarta yakni di Stasiun Pasar Senen dan Stasiun Gambir. Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga 2 kali lipat dibanding hari biasanya.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT KAI Daop 1 Jakarta mulai mencatat kedatangan pemudik di Jakarta pada arus balik libur Lebaran Idul Fitri 2023. Kepala Humas KAI Dapp 1 Jakarta, Eva Chairunisa mengatakan sejak 24 April 2023 angka penumpang yang tiba di area Daop 1 Jakarta mulai mengalami peningkatan.

“Secara total pada hari ini (25/4/2023) terdapat sekitar 43.500 pengguna yang tiba,” kata Eva dalam pernyataan tertulisnya, Selasa (25/4/2023).

Dari jumlah tersebut, Eva mengatakan sebanyak 16.200 penumpang turun di Stasiun Pasar Senen dan 16.100 penumpang turun di Stasiun Gambir. Lalu juga sebanyak 4.100 penumpang tutin di Stasiun Bekasi, 4.500 penumpang di Stasiun Jatinegara, dan sisanya penumpang turun di Stasiun Jakarta Kota, Cikarang, Karawang, dan Cikampek.

Jumlah tersebut mengalami peningkatan hingga dua kali lipat dari masa normal. “Mayoritas pengguna jasa yang tiba di area Daop 1 Jakarta berasal dari area Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Solo, Purwokerto, Kutoarjo, dan Malang,” tutur Eva.

Eva memastikan, KAI Daop 1 Jakarta melakukan sejumlah persiapan pada arus balik. Persiapan tersebuy yakjindengan menambah ketersediaan kursi pada area tunggu penumpang sehingga diharapkan bagi penumpang yang baru tiba dan menunggu jemputan tidak berdiri dan meletakan barang nya pada area tertentu yang dapat menggangu arus lalu lalang penumpang lain di stasiun.

Sejumlah petugas Costumer Service Mobile (CSM) juga siapkan untuk melayani informasi dan mengatur alur calon penumpang yang baru tiba. “Petugas tambahan untuk pengatur kendaraan juga disiapkan disejumlah titik pada area parkir stasiun,” ucap Eva.

Dari sisi keamanan dan keselamatan, Eva menegaskan, Daop 1 Jakarta juga bekerja sama dengan TNI dan Polri pengamanan seluruh objek vital pada masa angkutan lebaran. Kerja sama dengan Basarnas dan 45 provider Rumah Sakit juga dilakukan untuk percepatan penanganan kondisi darurat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement