Sabtu 15 Apr 2023 15:47 WIB

Ini Beragam Upaya yang Jalin Lakukan untuk Mengakselerasi Transformasi Keuangan Digital 

Digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin.

Digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin untuk memperluas layanan digital yang inklusif serta melengkapi layanan switching dan managed service yang sampai saat ini menjadi layanan eksisting Jalin.
Foto: Istimewa
Digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin untuk memperluas layanan digital yang inklusif serta melengkapi layanan switching dan managed service yang sampai saat ini menjadi layanan eksisting Jalin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) sebagai bagian dari Holding BUMN Danareksa tengah mengakselerasi transformasi digital pada sistem layanan keuangannya. Persiapan yang dilakukan meliputi beragam aspek strategis, utamanya peningkatan kualitas operasional, sistem layanan dan keamanan, serta mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal demi memastikan kesiapan Jalin dalam meluncurkan beragam inovasi produk keuangan digital baru yang tepercaya untuk masyarakat. 

Saat ini. kata Direktur Utama Jalin Ario Tejo Bayu Aji, Jalin terus berupaya mengakselerasi peningkatan kapabilitas Perusahaan yang end-to-end di berbagai aspek strategis. Seperti mendorong pemenuhan Service Level Agreement (SLA) yang di atas standar industri, mengembangkan e-Channel platform demi membangun ekosistem keuangan yang terintegrasi, memperluas sertifikasi security standar global yang diraih.

"Hingga menambah ratusan jumlah SDM profesional serta mendukung peningkatkan kompetensinya agar nantinya siap menopang transformasi bisnis Jalin dan mampu bersaing di skala global,” ujar Ario dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Sabtu (15/4/2023).

Transformasi keuangan digital yang dilakukan, kata Ario, merupakan bagian dari rencana jangka panjang Perusahaan dalam menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial sesuai filosofi ‘The National Digital Highway’. 

“Digitalisasi produk perbankan yang dilakukan merupakan langkah strategis Jalin untuk memperluas layanan digital yang inklusif serta melengkapi layanan switching dan managed service yang sampai saat ini menjadi layanan eksisting kami,” jelasnya. 

Dia menuturkan, bahwa pihaknya terus mendorong percepatan peluncuran beragam inovasi digital yang proses pengembangannya telah dimulai sejak 2 tahun silam. Adapun beberapa produk digital services yang saat ini tengah dikembangkan oleh Jalin di antaranya adalah layanan Virtual ATM, Jalin Verifi3d, tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal), serta Jalin Payment Integrator. 

“Target kami di paruh kedua tahun 2023 bisa menghadirkan produk digital baru yang dimulai dari launching layanan Virtual ATM bekerja sama dengan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara). Harapannya nasabah perbankan bisa menikmati kemudahan layanan keuangan yang aman, nyaman, dan semakin luas,” ungkap Ario. 

Sebagai informasi, sebelumnya Jalin memperkenalkan konsep Virtual ATM sebagai salah satu digital roadmap untuk mendukung member perbankan Jalin utamanya Himbara dalam menghadirkan pengelolaan jaringan ATM yang lebih terkoneksi secara luas, efisien, serta memberikan kenyamanan dalam bertransaksi kepada masyarakat. Virtual ATM menekankan pada solusi penggunaan teknologi ATM yang memungkinkan Bank melayani nasabah dengan tetap mempertahankan user experience walaupun sedang berada di platform ATM Bank yang berbeda. 

“Jalin sebagai bagian dari Holding Danareksa yang merupakan BUMN spesialis transformasi pertama di Indonesia, siap mengambil peran aktif sebagai Penyelenggara Infrastruktur Sistem Pembayaran (PIP) dalam membangun ekosistem keuangan digital yang inklusif demi mendukung kemajuan Indonesia. Hal ini turut selaras dengan semangat ‘Menggerakkan Transformasi Korporasi, Indonesia Maju’ yang diusung Holding dalam memaknai hari jadi Kementerian BUMN ke-25 yang jatuh pada tanggal 13 April 2023 bertema ‘Menggerakkan Indonesia Maju’,” pungkas Ario.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement