Kamis 11 May 2023 17:07 WIB

Bankaltimtara Berkolaborasi dengan Jalin Gencarkan Upaya Digitalisasi Keuangan di IKN

Nasabah Bankaltimtara dapat bertransaksi di ATM yang tergabung dalam jaringan LINK.

Direktur Bisnis & Syariah Bankaltimtara (PT BPD Kaltim Kaltara) Muhammad Edwin menjelaskan, bahwa sinergi yang dibangun dengan Jalin merupakan upaya Perusahaan dalam menawarkan layanan perbankan yang berorientasi solusi dan berbasis teknologi untuk nasabah.
Foto: Istimewa
Direktur Bisnis & Syariah Bankaltimtara (PT BPD Kaltim Kaltara) Muhammad Edwin menjelaskan, bahwa sinergi yang dibangun dengan Jalin merupakan upaya Perusahaan dalam menawarkan layanan perbankan yang berorientasi solusi dan berbasis teknologi untuk nasabah.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Berkolaborasi dengan PT Bank Pembangunan Daerah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara yang dikenal oleh masyarakat luas dengan nama Bankaltimtara, PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) terus mengukuhkan komitmennya dalam mendorong inklusi keuangan nasional. Salah satunya melalui penandatanganan MoU Kerja sama Layanan LINK pada acara Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2023 yang digelar oleh Bank Indonesia dan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian Republik Indonesia sejak tanggal 7-10 Mei 2023 di Jakarta Convention Center.

Direktur Bisnis & Syariah Bankaltimtara (PT BPD Kaltim Kaltara) Muhammad Edwin menjelaskan bahwa sinergi yang dibangun dengan Jalin merupakan upaya perusahaan dalam menawarkan layanan perbankan yang berorientasi solusi dan berbasis teknologi untuk nasabah.

“Kami antusias untuk berkolaborasi dengan Jalin dalam mengembangkan layanan digital yang kuat, kompetitif dan kontributif demi mendukung pertumbuhan ekonomi daerah yang berkualitas dan berkelanjutan, serta memberikan layanan yang berkualitas untuk nasabah Bankaltimtara,” ujar Edwin dalam keterangannya yang diterima Republika.co.id, Kamis (11/5/2023).

Edwin juga mengungkapkan, kolaborasi antara Bankaltimtara dan Jalin merupakan kunci dalam mendukung proses percepatan terutama pada aspek digitalisasi transaksi. Optimalisasi digitalisasi dan perluasan channel layanan melalui kolaborasi antar kedua Perusahaan tentunya dapat meningkatkan fee-based income masing–masing pihak baik dari sisi Bankaltimtara maupun Jalin.

Di sisi lain, sebagai salah satu usaha bank daerah yang beroperasional di wilayah penyangga Ibu Kota Negara Nusantara (IKN) untuk turut melakukan persiapan dan pertisipasi dalam literasi ekonomi keuangan digital serta pemenuhan kebutuhan sistem pembayaran masyarakat di wilayah IKN yang memiliki kelengkapan ekosistem layanan digital perbankan.

Selain itu, sebagai perusahaan yang menyediakan layanan terintegrasi di bidang teknologi sistem pembayaran masa kini, Jalin merupakan perusahaan pengelola layanan jaringan switching LINK dan memiliki market share terbesar di kategori produk debit switching. Dengan menyandang status sebagai lembaga penyelenggara infrastruktur sistem pembayaran (PIP), Jalin mulai bertransformasi menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan nonfinansial sesuai visi “The National Digital Highway.

Terjalinnya kerja sama antara Bankaltimtara dan Jalin juga bertujuan dalam rangka perluasan jaringan sistem pembayaran peningkatan kualitas layanan yang mencakup keamanan, kemudahan, dan kenyamanan nasabah serta masyarakat dengan menawarkan lebih banyak opsi serta meningkatkan akses nasabah Bankaltimtara ke jaringan pembayaran yang lebih luas.

Dengan adanya penambahan jaringan pembayaran ini, kata Edwin, nasabah Bankaltimtara dapat melakukan transfer, tarik tunai, pembayaran tagihan, pembelian produk, hingga pembayaran e-commerce melalui ATM berlogo LINK. Tidak hanya di wilayah Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara, tetapi di seluruh jaringan Jalin yang tersebar di seluruh Indonesia. 

"Melalui kerja sama ini, Bankaltimtara menjadi member of jaringan LINK yang dikelola oleh Jalin,” tambah Muhammad Edwin.

Dalam kesempatan yang sama usai penandatangan MoU, Eko Dedi Rukminto selaku direktur yang membidangi komersial di PT Jalin Pembayaran Nusantara mengungkapkan, perusahaan akan berkolaborasi dalam menunjang infrastruktur sistem perbankan untuk layanan ATM Bankaltimtara. Dengan begitu, nasabah Bankaltimtara dapat bertransaksi di ATM yang tergabung dalam jaringan LINK.

“Kami mengapresiasi kepercayaan Bankaltimtara yang memilih Jalin sebagai partner dalam menyediakan sistem layanan keuangan tepercaya untuk nasabah Bankaltimtara. Hal ini juga sejalan dengan semangat FEKDI 2023 bertema ‘Synergy and Innovation of Digital Economy: Fostering Growth’ yang menggemakan spirit kolaborasi sebagai engine dalam mewujudkan ekonomi keuangan digital,” tutur Eko.

Seiring dengan kebutuhan perbankan daerah dalam menyediakan layanan keuangan yang mumpuni kepada nasabahnya, Jalin mengambil peran sebagai digital enabler yang mendukung transformasi bank pembangunan daerah (BPD) utamanya Bankaltimtara, ke arah digital. Jalin berharap langkah ini dapat menjadi pijakan awal dalam mendukung perwujudan digital banking daerah yang tidak kalah bersaing dengan bank-bank nasional, khususnya di daerah Kalimantan melalui Bankaltimtara sebagai regional champion bank.

Kolaborasi yang terjalin dengan berbagai BPD juga merupakan upaya Jalin dalam mendorong perluasan layanan keuangan perbankan yang lebih inklusif hingga ke pelosok tanah air. Pada gelaran FEKDI 2023, Jalin juga turut menandatangani sejumlah kesepakatan dengan BPD, diantaranya Bank DKI untuk layanan Jalin Payment Integrator dan Cardless Withdrawal, serta Bank BJB Syariah untuk layanan ATM.

“Jalin ke depan akan menawarkan layanan digital yang lebih diverse dan luas demi menyentuh berbagai touch point sistem perbankan, mulai dari layanan ATM, debit, QRIS, solusi layanan integrasi channel pembayaran berbagai biller produk lewat Jalin Payment Integrator, tarik tunai tanpa kartu (cardless withdrawal), Jalin Virtual ATM, hingga layanan directory server untuk pemrosesan transaksi kartu GPN di merchant online menggunakan teknologi 3D secure (Jalin Verifi3D)," pungkas Eko.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement