Kamis 13 Apr 2023 11:56 WIB

Perlebar Sayap, BUMN Peledak Masuk Bisnis Loading dan Hauling

Dahana harus mampu menghadapi persaingan di pasar bahan peledak yang semakin ketat.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Logo PT Dahana (Persero). Perusahaan bahan peledak Indonesia, PT Dahana kini mulai serius memasuki sektor bisnis loading dan hauling.
Foto: Facebook PT Dahana (Persero)
Logo PT Dahana (Persero). Perusahaan bahan peledak Indonesia, PT Dahana kini mulai serius memasuki sektor bisnis loading dan hauling.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Perusahaan bahan peledak Indonesia, PT Dahana kini mulai serius memasuki sektor bisnis loading dan hauling. SM Legal dan Komunikasi Perusahaan Juli Jajuli mengatakan, sebagai kiblat bahan peledak di Indonesia, Dahana harus mampu menghadapi persaingan di pasar bahan peledak yang semakin ketat. Salah satu inovasi perusahaan adalah dengan melebarkan sayap ke dalam bisnis loading dan hauling yang merupakan continuation chain dari jasa pemboran dan peledakan yang secara signifikan dapat memberikan nilai tambah yang besar.

"Sejak 2019, Dahana mulai menatap ruang bisnis baru yaitu loading dan hauling, dimana pada rapat kerja perusahaan tahun ini, manajemen mengamanahkan untuk memperkuat sektor loading dan hauling. Perusahaan berharap lini bisnis baru ini dapat memberikan pemasukan yang signifikan bagi Dahana," ujar Juli dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (13/4/2023).

Baca Juga

Juli menjelaskan, loading dan hauling merupakan istilah dalam suatu proyek, baik itu pertambangan maupun konstruksi yang merujuk pada aktivitas pemuatan dan pengangkutan material. Juli juga menyampaikan pasar loading dan hauling di Indonesia juga sangat ketat. Namun, dengan kemampuan manajemen dan pengalaman SDM yang dimiliki, Dahana mampu untuk bersaing dalam pasar tersebut.

"Beberapa proyek Dahana di sektor loading dan hauling di antaranya adalah jasa loading dan hauling terowongan pada proyek tunneling Bendungan Pamakkulu Paket II dan jasa penggalian, hauling, dan handling material PLTU Suralaya," ucap Juli.

 

Juli menyampaikan, perekonomian dunia saat ini masih belum pulih dan masih terpukul akibat pandemi Covid-19 yang panjang serta perang Rusia-Ukraina yang belum menunjukkan akan selesai. Juli menyebut Dahana menawarkan solusi logistik yang terintegrasi untuk membantu pelanggan mengoptimalkan efisiensi dan produktivitas perusahaan. 

"Dahana telah mempersiapkan diri memasuki ketatnya persaingan di sektor bisnis loading dan hauling. Berbekal dukungan top manajemen dan kreativitas serta ketangguhan karyawan, kami percaya, pelan-pelan Dahana dapat menjadi pemain penting dalam pasar ini," kata Juli.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement