Kamis 30 Mar 2023 17:24 WIB

Penerapan Prinsip ESG Bentuk Komitmen BRI Life Capai Kinerja Berkelanjutan

Komitmen BRI Life terkait ESG tercermin melalui penerapan prinsip bisnis perusahaan.

PT Asuransi BRI Life merupakan salah satu perusahaan yang menyadari pentingnya pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan lingkungan, social, dan penerapan tata kelola korporasi yang baik.
Foto: Dok. BRI Life
PT Asuransi BRI Life merupakan salah satu perusahaan yang menyadari pentingnya pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan lingkungan, social, dan penerapan tata kelola korporasi yang baik.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Penerapan prinsip ESG (Environmental, Social, and Governance) merupakan bentuk komitmen perusahaan dalam rangka mencapai kinerja berkelanjutan. PT Asuransi BRI Life merupakan salah satu perusahaan yang menyadari pentingnya pertumbuhan berkelanjutan yang dihasilkan dari keselarasan antara kepentingan lingkungan, social, dan penerapan tata kelola korporasi yang baik.

Komitmen BRI Life terkait ESG tercermin melalui upaya penerapan prinsip bisnis perusahaan. Dalam hal ini, termasuk aspek strategi bisnis, operasional dan layanan yang mencakup pula tanggung jawab sosial perusahaan dan lingkungan yang sejalan dengan tata kelola yang baik.

Baca Juga

Penerapan ESG yang baik berpengaruh tidak hanya terhadap kinerja perusahaan, tetapi juga terhadap kelangsungan usaha Perusahaan dalam jangka panjang, menarik mitra investor, memperluas jangkauan pasar, memperkuat brand perusahaan, hingga meningkatkan loyalitas konsumen. Bercermin dari hal tersebut tersebut, BRI Life menyelenggarakan kegiatan sharing session untuk seluruh Pekerjanya dengan tema 'Environmental Sosial Governance (ESG)', pada Jumat (24/3/2023).

Direktur Utama BRI Life Iwan Pasila menjelaskan bahwa ESG (Environmental, Social, and Governance) merupakan kesatuan aspek yang saling terikat satu sama lain. BRI Life terus berupaya untuk meningkatkan implementasi aspek sosial dengan terus fokus pada perbaikan proses untuk mengupayakan peningkatan kualitas layanan kepada nasabah, mengupayakan kesejahteraan Pekerja, dan memperhatikan kebutuhan masyarakat sekitar. 

 

"BRILife juga terus berupaya untuk menerapkan tata kelola perusahaan yang baik untuk memastikan kelangsungan usaha Perusahaan di masa yang akan datang dan memastikan kemampuan Perusahaan untuk dapat memenuhi kewajibannya kepada pemegang polis ketika kewajiban tersebut jatuh tempo. Memang penerapan terkait environmental ini," ujar Iwan, dalam keterangan tertulis, Kamis (30/3/2023).

Iwan mengatakan, masih terbatas pada pengurangan penggunaan material yang dapat mengganggu kesetimbangan lingkungan seperti penggunaan kertas, plastik, dalam kegiatan usaha. Pemahaman yang lebih luas dibutuhkan untuk dapat lebih jauh mendukung implementasi ESG dalam keseharian di BRILIfe, sebagai bagian dari BRI yang sudah menjadi first mover dalam penerapan ESG dalam kegiatan usahanya. 

"Dalam kaitan ini, maka sharing session dari expert seperti Pak Ubaidilah menjadi sangat penting," kata Iwan.

Indonesia hingga saat ini terus menggencarkan penerapan prinsip bisnis dalam perusahaan berdasarkan prinsip pelestarian lingkungan, tanggung jawab sosial, dan tata Kelola yang baik atau ESG (Environmental, Social and Governance). Ketiga pilar ESG ini menjadi target BRI Life dalam mendukung ekosistem bisnis berkelanjutan.

Komisaris Independen BRI Life Ubaidillah Nugraha yang sejak lima tahun terakhir aktif mendalami narasi perihal ESG tersebut, didapuk sebagai narasumber pada kegiatan yang diselenggarakan secara hybrid di lingkungan BRI Life. Selain Pekerja, kegiatan tersebut juga dihadiri oleh Direksi , Dewan Komisaris dan Dewan Pengawas Syariah BRI Life

"ESG sejalan dengan prinsip Good Corporate Citizenship, artinya, selain dalam aspek binsis perusahaan dapat bertumbuh secara konsisten, memberikan kontribusi pada pemegang saham dan pemangku kepentingan didukung dengan komitmen dalam setiap unsur ESG," ujar Ubaidillah. 

Terkait pentingnya aspek tata kelola atau governance menjadi fondasi dasar dalam sebuah managemen bisnis yang berkelanjutan. Sebaiknya, sebagian besar perusahaan yang runtuh disebabkan karena tata kelola yang buruk.

Dari aspek sosial ESG, BRI Life berkomitmen kepada kualitas pengembangan karyawan, nasabah dan komunitas. Secara khusus, BRI Life mempunyai keunggulan kompetitif yang tidak dimiliki oleh perusahaan asuransi lain yaitu segmen berbasis komunitas mikro dan ultra mikro yang telah dikelola dengan baik selama ini.

Selanjutnya, BRI Life akan turut concern dan memberikan perhatian terhadap aspek lingkungan, antara lain upaya mengurangi emisi karbon, efisiensi energi, penggunaan sumber daya alam, managemen limbah, bahan daur ulang, teknologi hijau, biodiversitas dan lain-lain.

"Meningkatnya kesadaran seluruh insan BRI Life terhadap penerapan ESG akan menjadikan BRI Life senantiasa berupaya mewujudkan pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan. Harapannya, tentu saja agar dapat memberikan yang terbaik kepada seluruh nasabah stakeholders dan karyawan," katanya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement