Kamis 23 Mar 2023 03:11 WIB

Soal Mobil Baru, Bos Mitsubishi: Saya Sudah Tes, Mendekati XFC Concept

Saat ini, MMKSI masih melanjutkan perkenalan mobil konsep XFC kepada masyarakat.

Mitsubishi memastikan akan memperkenalkan produk baru. Bos Mitsubishi pun memastikan bahwa mobil baru yang akan diperkenalkan nanti tidak akan jauh dengan unit XFC Concept.
Foto: dok MMKSI
Mitsubishi memastikan akan memperkenalkan produk baru. Bos Mitsubishi pun memastikan bahwa mobil baru yang akan diperkenalkan nanti tidak akan jauh dengan unit XFC Concept.

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG -- Mitsubishi memastikan akan memperkenalkan produk baru. Bos Mitsubishi pun memastikan bahwa mobil baru yang akan diperkenalkan nanti tidak akan jauh dengan unit XFC Concept.

Ini merupakan mobil konsep di segmen SUV kompak yang diperkenalkan MMKSI pertama kali di Indonesia di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 yang digelar di Jakarta pada Februari 2023. 

"Saya sudah test drive. Jadi saya tahu kalau model yang diproduksi massal nanti itu memang mendekati dengan XFC Concept. Kira-kira 80-90 persen itu sama," kata Director of Sales & Marketing Division PT MMKSI, Testuhiro Tsuchida dalam paparannya di Bandung, Rabu (22/3/2023).  

Meskipun begitu, dia enggan memberi tahu kapan pastinya produk massal dari XFC Concept akan diluncurkan di Indonesia. 

Saat ini, PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) masih melanjutkan perkenalan mobil konsep XFC kepada masyarakat Kota Bandung. Ini merupakan kota keempat penyelenggaraan aktivitas roadshow setelah Pekanbaru, Medan, dan Palembang. 

"Acara ini tujuannya memang untuk mmperkenalkan mobil konsep XFC. Jadi tidak ke penjualan. Tapi pelanggan kasih respons positif dan mereka tertarik," papar dia.  

Dia menambahkan, meskipun telah dipamerkan di beberapa daerah, MMKSI juga masih belum buka inden untuk produk baru ini. Kalau pun ada pelanggan yang tertarik, maka akan ditampung dulu dan kalau ada informasi lanjutan baru akan ditindaklanjuti.

Tsuchida menjelaskan bahwa produk ini akan memiliki konsep yang berbeda dengan line up yang telah ada saat ini. Misalnya saja, mobil ini akan berada di segmen SUV compact, satu kelas dengan Honda HRV dan Hyundai Creta.    

Dia pun memastikan bahwa produk massal dari XFC Concept tidak akan memakan segmen pelanggan Mitsubishi yang telah ada.

"Setiap mobil pasti ada kemiripan. Tapi saya lihat kalau Xpander Cross itu mobil keluarga, sementara XFC itu dua baris. Fiturnya juga untuk Xpander Cross lebih ke keluarga. Sementara XFC lebih ke SUV," kata dia. 

Pihak Mitsubishi juga masih enggan memberikan harga penjualan produk ini. Tsuchida hanya mengatakan bahwa harga produk massal dari XFC Concept kira-kira tidak akan jauh dengan produk SUV kompak merek lainnya. 

Hanya saja, untuk memastikan harganya bisa bersaing dengan merek lain, Tsuchida mengatakan bahwa XFC kemungkinan akan diproduksi di pabrik di Cikarang, Bekasi. 

Sekilas Tentang XFC Concept

Diperkenalkan pada ajang IIMS 2023, XFC Concept mengusung tiga konsep utama, yaitu desain silky and solid, smart and quality comfort, serta interior yang compact and spacious. Ini dikatakan menjadi poin-poin utama yang sangat mewakili keinginan dan kebutuhan masyarakat di Indonesia dan ASEAN. 

Produk ini juga memiliki peningkatan handling di jalan dengan permukaan kasar berkat ground clearance yang tinggi dan roda berdiameter besar. Meskipun begitu, XFC Concept tetap mengekspresikan ketangguhan dan kelincahan serta menampilkan gaya SUV otentik yang menonjol di pemandangan luar ruangan.

XFC Concept dirancang untuk kemudahan pengoperasian, memberikan visibilitas ke depan yang baik, persepsi yang mudah tentang dimensi kendaraan, dan handling yang mulus. Teknologi canggih yang dibenamkan antara lain head unit intuitif berukuran besar untuk mengintegrasikan tampilan digital penuh.

Tampilan tengah ini dapat menunjukkan navigasi, kondisi permukaan jalan, dan informasi lain yang diperlukan oleh pengemudi untuk mendapatkan lingkungan berkendara yang aman dan nyaman sekaligus mengekspresikan rasa nyaman.

Melalui empat mode berkendara (Normal, Wet, Gravel, dan Mud), XFC Concept menawarkan rasa berkendara yang menyenangkan, aman, dan nyaman dalam berbagai cuaca dan kondisi jalan. Mode berkendara baru yakni “Wet Mode” merupakan yang pertama kali diperkenalkan di kendaraan Mitsubishi Motors.

Fitur ini dirancang dengan mempertimbangkan penggunaan di negara-negara ASEAN. Seperti kondisi jalan yang dibanjiri hujan secara tiba-tiba.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement