Kamis 16 Mar 2023 16:15 WIB

Arsal Ismail Raih Penghargaan The Best CEO Strategic Orientation

Penghargaan diberikan karena keberhasilan mendorong ekspansi dan transfomasi PTBA

Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail memperoleh penghargaan The Best CEO Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori CEO Strategic Orientation dalam ajang Anugerah BUMN 2023.
Foto: PTBA
Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail memperoleh penghargaan The Best CEO Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori CEO Strategic Orientation dalam ajang Anugerah BUMN 2023.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Utama PT Bukit Asam Tbk (PTBA) Arsal Ismail memperoleh penghargaan The Best CEO Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori CEO Strategic Orientation dalam ajang Anugerah BUMN 2023. Ajang penghargaan ini mengangkat tema "Akselerasi Transformasi Digital, Inovasi dan Recovery Bisnis BUMN".

Penghargaan ini diberikan karena keberhasilan Arsal dalam mendorong ekspansi dan transformasi bisnis PTBA menuju perusahaan energi dan kimia kelas dunia yang peduli lingkungan. Di antaranya yakni pengembangan energi baru dan terbarukan (EBT), digitalisasi untuk mendukung kinerja bisnis dan organisasi, serta langkah-langkah penurunan emisi karbon.

Baca Juga

Di bawah kepemimpinan Arsal, PTBA berhasil meraih laba bersih tertinggi sepanjang sejarah pada 2022 yang mencapai Rp 12,6 triliun. "Kami menyampaikan ucapan terima kasih atas apresiasi yang diberikan melalui Anugerah BUMN 2023. Penghargaan ini memacu PTBA untuk terus melakukan transformasi, inovasi, meningkatkan Tata Kelola Perusahaan serta kontribusi untuk masyarakat," ujar Arsal, dalam siaran persnya, Kamis (16/3/2023).

PTBA juga meraih 2 penghargaan lain dari Anugerah BUMN 2023, yakni penghargaan Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori Transformasi Digital, serta Perusahaan BUMN dan Anak Perusahaan BUMN Tbk kategori Tata Kelola Perusahaan (GCG).

 

Salah satu transformasi digital yang telah diterapkan PTBA yakni pengembangan aplikasi CISEA (Corporate Information System and Enterprise Applications) untuk memantau aktivitas pertambangan secara real time melalui ponsel.

Adapun untuk penguatan Tata Kelola Perusahaan, PTBA telah menerapkan tiga Lines Model serta pengelolaan Sistem Manajemen Bukit Asam (SMBA). SMBA merupakan sistem manajemen terintegrasi yang di dalamnya termasuk sistem-sistem manajemen yang diimplementasikan dalam menjalankan seluruh proses bisnis di Perusahaan.

"Apresiasi setinggi-tingginya juga patut diberikan kepada seluruh Insan Bukit Asam yang senantiasa melakukan inovasi dan berkomitmen penuh menjalankan prinsip Tata Kelola Perusahaan yang baik," kata Arsal.

Anugerah BUMN 2023 digelar oleh BUMN Track yang didukung PPM Manajemen. Sebanyak 104 perusahaan BUMN berpartisipasi dalam ajang Anugerah BUMN 2023. BUMN Track selaku penyelenggara Anugerah BUMN senantiasa berkomitmen dalam menjaga kredibilitas.

Didukung tim penilaian oleh PPM Manajemen, Dewan Juri yang terlibat dalam ajang ini memiliki keahlian, kapabilitas, kredibilitas, dan reputasi sangat memadai di bidang Tata Kelola Perusahaan (GCG), finansial, dan kepemimpinan, dengan komposisi unsur meliputi akademisi, peneliti, praktisi dan media.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement