Selasa 14 Mar 2023 20:37 WIB

Trigana Air Beroperasi Normal di Seluruh Papua Kecuali Dekai

Trigana belum bisa memastikan kapan pesawatnya kembali terbang ke Dekai.

Pesawat Trigana Air (ilustrasi).
Foto: Trigana Air
Pesawat Trigana Air (ilustrasi).

REPUBLIKA.CO.ID, JAYAPURA -- Manajemen Trigana Air menyatakan pelayanan penerbangan pesawat Trigana ke berbagai wilayah di seluruh Papua berjalan normal kecuali di Dekai. Deputy Area Manager Papua Trigana Air Ahmad Irwan Rochendi di Jayapura, Selasa (14/3/2023) mengakui hingga kini belum dapat dipastikan kapan pesawatnya terbang ke Dekai. 

Dia menekankan, harus ada jaminan keamanan. Selain itu, pesawat Boeing 736-500 yang ditembak setelah lepas landas dari Bandara Dekai menuju Jayapura (Sentani) Kabupaten Jayapura telah selesai menjalani perbaikan. Trigana saat ini melayani rute dari Jayapura-Oksibil-Jayapura, Jayapura-Wamena-Jayapura, Timika-Wamena-Timika, Merauke-Tanah Merah- Merauke, Merauke-Ewer-Merauke dan Jayapura-Tanah Merah-Jayapura.

Baca Juga

Diakui, pesawat yang dimiliki Trigana yakni jenis Donier, ATR ada dua termasuk kargo, dan Boeng 737-500 ada empat termasuk kargo. Pesawat-pesawat tersebut melayani rute yang sudah dijadwalkan termasuk pesawat Boeing 737-500 yang ditembak dan telah dilakukan perbaikan sehingga dinyatakan layak terbang oleh Ditjen Perhubungan Udara.

"Memang pesawat Boeing 737-500 yang ditembak, sejak Senin (13/3/2023) sudah kembali beroperasi dengan melayani Jayapura-Wamena," ujar Irwan.

Ketika ditanya apakah akibat penembakan terhadap pesawat menyebabkan pilot trauma, Irwan mengaku, sejauh ini pilot aman. Sebelum insiden penembakan, pesawat Boeing 737-500 milik Trigana setiap hari terbang ke Dekai dan Wamena. Pesawat itu pada Sabtu (10/3/2023) sekitar pukul 14.06 WIT dari Bandara Dekai Kabupaten Yahukimo, Provinsi Papua Pegunungan, membawa 66 penumpang.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement