Sabtu 11 Mar 2023 10:45 WIB

Apa Penyebab Kegagalan Silicon Valley Bank?

Kenaikan suku bunga AS membebani perusahaan mitra Silicon Valley Bank.

Sebuah mobil melewati tanda Silicon Valley Bank di kantor pusat perusahaan di Santa Clara, California, Jumat, 10 Maret 2023. Federal Deposit Insurance Corporation menyita aset Silicon Valley Bank, menandai kegagalan bank terbesar sejak Washington Mutual selama puncak krisis keuangan 2008. FDIC memerintahkan penutupan Silicon Valley Bank dan segera mengambil semua simpanan di bank pada hari Jumat.
Foto:

SVB Umumkan Penjualan Saham

SVB pada Kamis (9/3/2023) mengumumkan akan menjual 2,25 miliar dolar AS saham biasa dan saham preferen konversi untuk mengisi lubang pendanaannya. Harga sahamnya turun 60 persen karena investor khawatir penarikan deposit dapat mendorongnya untuk meningkatkan lebih banyak modal.

Penjualan Saham Gagal Total

Beberapa klien SVB menarik uang mereka dari bank atas saran perusahaan modal ventura. Ini menakuti investor seperti General Atlantic bahwa SVB telah mengantre untuk penjualan saham, dan upaya peningkatan modal gagal pada Kamis malam.

SVB Ditutup

SVB pada Jumat bergegas mencari pendanaan alternatif, termasuk melalui penjualan perusahaan. Namun di kemudian hari, Federal Deposit Insurance Corporation (FDIC) kemudian mengumumkan bahwa SVB ditutup dan ditempatkan di bawah pengawasannya. 

 

FDIC menambahkan bahwa mereka akan berusaha untuk menjual aset SVB dan pembayaran dividen di masa depan dapat dilakukan kepada deposan yang tidak diasuransikan.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement