Jumat 10 Mar 2023 03:00 WIB

Kementan Gelar Panen Padi Serentak Satu Juta Hektare

Pelaksanaan panen raya di Provinsi Banten tersebar di empat kabupaten.

Kementerian Pertanian menggelar panen padi serentak satu juta hektare, Kamis (9/3/2023).
Foto: Dok Kementan
Kementerian Pertanian menggelar panen padi serentak satu juta hektare, Kamis (9/3/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Kementerian Pertanian (Kementan) melakukan kegiatan Panen Padi Nusantara Satu Juta Hektare secara serentak pada Kamis (9/3/2023). Panen tersebut berlangsung di Kabupaten Serang Banten, Kabupaten Kebumen Jawa Tengah, Kabupaten Ngawi Jawa Timur,serta 10 provinsi dan 66 kabupaten utama lainnya.

Pelaksanaan panen raya di Provinsi Banten tersebar di empat kabupaten yaitu Kabupaten Pandeglang, Lebak, Serang, dan Tangerang. Lokasi Pelaksanaan panen raya padi Kabupaten Serang terletak di Desa Tenjo Ayu, Kecamatan Tanara dengan luasan hamparan 353 hektare.

Baca Juga

"Panen raya satu juta hektare akan dimulai di Kebumen. Saya koordinasi dengan Bupati Kebumen dan melihat memang yang siap untuk melakukan panen raya pada Februari-Maret itu di Kebumen," kata Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo melalui keterangan tertulis.

Syahrul mengatakan, berdasarkan prognosis atau perkiraan Badan Pusat Statistik (BPS), luas panen padi pada Februari 2023 mencapai 1,4 juta hektare dan puncak panen berlangsung pada bulan Maret-April. 

"Berarti, jika produktivitas 6 ton per hektare, ada produksi padi lebih kurang 4 juta ton," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Badan Penyuluhan Dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Pertanian (BPPSDM), Dedi Nursyamsi mengapresiasi kinerja petani, kelompok tani (poktan), Gapoktan, penyuluh, penggilingan padi dan semua pelaku usaha perberasan nasional karena telah berhasil meningkatkan produktivitas padi di wilayah Serang.

 

Dedi juga menerangkan bahwa panen raya padi ini juga merupakan pembuktian bagi para petani sebagai petani modern. "Panen raya padi ini juga merupakan pembuktian petani Indonesia mampu memanfaatkan dan mengoperasikan peralatan modern pertanian seperti combine harvester," tutur Dedi.

Dalam pesannya, Dedi menyampaikan agar para petani dapat bahu membahu untuk menciptakan pertanian yang maju, mandiri, dan modern.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement