Kamis 09 Mar 2023 13:13 WIB

BUMN Perkuat Kompetensi Komunikasi dan Keberlanjutan

Kementerian BUMN menggelar BCOMSS 2023 di Jakarta.

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ahmad Fikri Noor
Kementerian BUMN. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mendorong BUMN berkinerja positif untuk memenuhi tantangan di era digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan komunikasi serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).
Foto: ANTARA /Aprillio Akbar
Kementerian BUMN. Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mendorong BUMN berkinerja positif untuk memenuhi tantangan di era digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan komunikasi serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir terus mendorong BUMN berkinerja positif untuk memenuhi tantangan di era digitalisasi, khususnya dalam pengelolaan komunikasi serta tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL). Yang terbaru, Kementerian BUMN akan menggelar BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2023 di Tennis Indoor, Senayan, Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Staf Khusus Menteri BUMN Arya Sinulingga mengatakan, BCOMSS merupakan apresiasi Kementerian BUMN atas kinerja komunikasi dan TJSL berkelanjutan dari seluruh korporasi BUMN. Hal ini menjadi standar dan tolok ukur relevan bagi seluruh BUMN dan anak perusahaannya.

Baca Juga

"BCOMSS kali ini memasuki tahun ketiga dan kami terus meningkatkan standar penilaian dari tahun ke tahun, termasuk melibatkan juri eksternal yang ahli di bidangnya sehingga penilaiannya independen dan kredibel," ujar Arya di Jakarta, Kamis (9/3/2023).

Arya menjelaskan, sebanyak 493 submission dilakukan oleh 60 korporasi BUMN yang berlomba memperebutkan 24 nominasi juara, di antaranya 12 di bidang komunikasi dan dan 12 di bidang keberlanjutan. Arya menyampaikan nominasi ini terbagi dalam dua bidang utama yakni corporate communications dan sustainability program

Arya memerinci, kategori dalam bidang corporate communications meliputi Social Media Campaign, Media Relations Management, Internal Communications Implementation, Best Social Media Ranger (SMR) baik individu dan perusahaan, Best Exposure of the Year, Best Keterbukaan Informasi Publik, Stakeholder Relations Management, Corporate Secretary of The Year, Corporate Communications of The Year, Favorite Corporate Communication of The Year, dan Best Content Creator.

Sementara itu, kategori untuk sustainability program adalah SME Development, Community  Involvement and Development (CID) bidang Pendidikan, CID bidang Kesehatan, CID bidang  Lingkungan, Creating Shared Values, TJSL of The Year, BUMN Local Heroes, Best Millenials TJSL, Best BUMN TJSL, Satgas Bencana BUMN, Fasilitator Rumah BUMN of The Year, dan Rumah BUMN of The Year.

Arya mengatakan, acara ini juga melibatkan sejumlah juri eksternal seperti artis Maudy Ayunda dan praktisi komunikasi Reisa Brotoasmoro untuk kategori komunikasi, serta jurnalis senior, Andy F Noya dan Direktur CECT Trisakti, Juniati Gunawan untuk kategori keberlanjutan.

"BCOMSS terbagi dua sesi. Sesi pertama, ada talkshow dan sesi kedua, puncak acara yang akan dilaksanakan pada malam hari dan dihadiri langsung Menteri BUMN Erick Thohir bersama 2 ribu milenial BUMN," kata Arya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement