Selasa 28 Feb 2023 16:13 WIB

Kurangi Impor Elpiji, Pemerintah Bangun Jargas Satu Juta Sambungan

Kementerian ESDM akan mengembangkan jargas skala besar di 12 kota/kabupaten.

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) menargetkan pembangunan jaringan gas (jargas) sebanyak satu juta sambungan rumah tangga (SR) per tahun sebagai upaya mengurangi impor elpiji.
Foto:

PGN juga mengembangkan jargas di kawasan Bintaro, Tangerang Selatan, Banten, dengan target pembangunan mencapai 35.749 SR, 203 pelanggan kecil (UMKM), dan 38 komersial.

Untuk itu, PGN membangun pipa dedicated sepanjang 37 km dari jalur pipa eksisting menuju Bintaro secara bertahap. Pembangunan akan dilakukan di Perumahan Villa Melati Mas, Perumahan Graha Raya, dan Perumahan Bintaro Jaya.

Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 18 Tahun 2020 tentang Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) 2020-2024, pembangunan jargas termasuk salah satu proyek strategis nasional.

Hal ini merupakan upaya pemerintah meningkatkan pemanfaatan gas untuk dalam negeri, mengurangi impor elpiji sebesar 603.720 ribu ton per tahun, penghematan subsidi elpiji sebesar Rp 297,55 miliar per tahun, serta menghemat pengeluaran energi masyarakat Rp 386 miliar per tahun.

Jargas juga bermanfaat mengurangi defisit neraca perdagangan migas mencapai Rp 2,64 triliun per tahun.

 

Kebutuhan gas untuk jargas relatif kecil yakni 0,1 MMSCFD dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan 10.000 SR. Oleh karena itu, pemerintah terus mendorong pembangunannya agar jumlah masyarakat yang dapat menikmati manfaatnya semakin besar.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement