Selasa 28 Feb 2023 12:42 WIB

OJK Targetkan Indeks Literasi Keuangan Naik Jadi 70 Persen

Survei nasional menunjukkan literasi keuangan pada 2022 baru mencapai 49,6 persen.

Anak-anak mewarnai celengan berkarakter kartun di Saung Art Gallery, Pondok Cabe, Tangerang Selatan, Banten, Kamis (6/1). Direktur Literasi dan Edukasi Keuangan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Horas Tarihoran menargetkan indeks literasi keuangan dapat meningkat dan dijaga pada level 65 sampai 70 persen.
Foto:

Berdasarkan survei OJK, hanya 10,7 persen dari milenial yang dapat menabung, sementara 51,1 persen menghabiskan pendapatan untuk konsumsi. "Kalau terjadi sesuatu seperti COVID-19, hanya 32 persen yang mengatakan sanggup bertahan sebulan jika kehilangan pekerjaan dan sebanyak 28 persen mengatakan hanya sanggup bertahan seminggu," katanya.

OJK saat ini juga memiliki platform learning management system edukasi keuangan (LMSE) yang bisa diakses secara gratis. Ia mengatakan pada bulan Maret 2023 mendatang, platform tersebut akan dirilis sebagai media pembelajaran bagi peserta Kartu Pra Kerja.

 

"Kami dengan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian akan bekerja sama agar semua orang bisa memanfaatkan modul ini," katanya.

sumber : antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement