Kamis 23 Feb 2023 16:25 WIB

Jokowi: Progres Pembangunan IKN Baru 14 Persen

Presiden Jokowi meninjau progres pembangunan IKN di Kalimantan Timur.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Ahmad Fikri Noor
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri saat meninjau pembangunan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).
Foto: Republika/Desy Susilawati
Presiden Jokowi bersama sejumlah menteri saat meninjau pembangunan di Ibu Kota Nusantara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023).

REPUBLIKA.CO.ID,PENAJAM PASER UTARA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau progres pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (23/2/2023). Ia mengatakan, progres pembangunan IKN saat ini baru mencapai 14 persen.

"Kalau melihat seperti ini, kalau dipersentase baru 14 persen. Sudah dimulai," ujar Jokowi dalam keterangannya saat peninjauan.

Baca Juga

Didampingi sejumlah menteri di antaranya Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri LHK Siti Nurbaya, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Seskab Pramono Anung, Menteri ATR Hadi Tjahjanto, dan Menteri Investasi Bahlil Lahadalia, Jokowi melihat-lihat sekitar proyek pembangunan rumah tapak yang diperuntukan bagi para menteri.

Nantinya, terdapat 36 rumah menteri yang akan dibangun di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan (KIPP) IKN. Jokowi menargetkan, pembangunan rumah tapak untuk para menteri akan rampung pada Juni 2024 mendatang.

"Yang kita lihat sekarang ini adalah kawasan rumah-rumah menteri. Ada 36 di sini nanti bangunan yang kita harapkan Juni 2024 selesai karena memang kita ada target 17 Agustus 2024 ada upacara bendera di Ibu Kota Nusantara," katanya.

Jokowi ingin menekankan optimisme dari pembangunan Ibu Kota Nusantara yang sudah dimulai, baik infrastuktur perkantoran dan juga rumah jabatan. Karena itu, ia meminta agar tak ada pihak yang masih meragukan pembangunan IKN.

"Jadi kalau ada yang masih ragu-ragu ya lapangannya sudah bergerak seperti ini karena ini memang bukan proyek dua tahun atau lima tahun. Ini bisa 10-15 tahun, sama seperti kota-kota di negara yang lain yang pindah itu," kata Jokowi.

Ia mengatakan, proyek pembangunan ini telah menyerap tenaga kerja hingga 7.800 orang. Sebanyak 34 persen di antaranya merupakan pekerja lokal. Jokowi mengatakan, jumlah tenaga kerja yang akan diserap akan terus bertambah.

Setelah meninjau proyek pembangunan rumah tapak untuk jabatan menteri, Jokowi kemudian menuju rumah hunian pekerja proyek IKN. Berdasarkan pantauan, tampak sudah berdiri beberapa bangunan bertingkat yang diperuntukkan sebagai tempat tinggal pekerja.

Setelah melihat-lihat lokasi tempat tinggal para pekerja konstruksi, Jokowi juga sempat santap siang bersama para pekerja di kantin. Kemudian,  Presiden melanjutkan tinjauannya ke menara pandang IKN.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement