Kamis 23 Feb 2023 06:19 WIB

Jokowi: Pembangunan Tol Balikpapan-IKN Selesai Tahun Depan

Presiden Jokowi sebut pembangunan tol Balikpapan-IKN selesai akhir tahun depan.

Rep: Dessy Suciati Saputri/ Red: Bilal Ramadhan
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi sebut pembangunan tol Balikpapan-IKN selesai akhir tahun depan.
Foto: ANTARA/Bayu Pratama S
Warga bersantai di lokasi titik nol Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara di Kecamatan Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur. Presiden Jokowi sebut pembangunan tol Balikpapan-IKN selesai akhir tahun depan.

REPUBLIKA.CO.ID, Jokowi Targetkan Jalan Tol Kawasan Inti IKN Rampung 2024

JAKARTA -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan pembangunan jalan tol di kawasan inti Ibu Kota Nusantara (IKN) akan rampung di akhir 2024 nanti. Hal ini disampaikannya usai meninjau proyek jalan tol di kawasan inti Ibu Kota Nusantara (IKN), Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (22/2).

Baca Juga

“Ini akan diselesaikan insyaallah di 2024 akhir selesai. Akhir 2024, akan diselesaikan Balikpapan-kawasan inti (IKN) akan selesai,” ucap Jokowi usai meninjau proyek jalan tol kawasan inti IKN, yang disiarkan melalui kanal Youtube Sekretariat Presiden.

Jokowi berharap, jalan tol ini akan menjadi infrastruktur pertama yang dibangun dalam rangka pembangunan Ibu Kota Nusantara. Melalui jalan tol ini, perjalanan yang ditempuh dari Balikpapan menuju kawasan inti IKN yang sepanjang 40 kilometer hanya akan memakan waktu kurang lebih 30 menit.

“Ini jalan tol dari Balikpapan menuju ke Kawasan Inti yang jaraknya kurang lebih 40-an kilometer (km) ditempuh kurang lebih 30 menit dari Balikpapan, sudah berjalan lapangannya,” ujarnya.

Terkait pembebasan lahan, Jokowi mengatakan akan diselesaikan pembayarannya pada Maret nanti. Sehingga ia memastikan tak ada kendala terkait penyediaan lahan untuk proyek tol kawasan inti IKN ini.

“Ndak ada, ndak ada, kemarin iya tetapi hari ini sudah diinfo oleh Pak Menteri PU gak ada masalah,” kata Jokowi.

Selain itu, Jokowi juga menekankan pentingnya pembangunan dengan memperhatikan kondisi lingkungan sekitar. Sebab, kata Jokowi, pemindahan dan pembangunan IKN yang ingin ditonjolkan yakni dengan mengusung konsep lingkungan.

“Sehingga sekecil apa pun yang berkaitan dengan lingkungan itu harus diperhatikan,” kata dia.

Karena itu, ia menegaskan akan menegur setiap proses pembangunan yang mengabaikan lingkungan sekitar. Kepada Kepala Otorita IKN Bambang Susantono, Jokowi juga menyampaikan agar tak ada masyarakat yang dirugikan dari pembangunan IKN ini.

“Sehingga kalau ada hal yang berkaitan dengan lingkungan tidak diperhatikan, maka saya pastikan akan saya tegur. Karena konsepnya sekali lagi adalah konsep lingkungan,” kata Jokowi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement