Senin 06 Feb 2023 07:21 WIB

Persiapan Infrastruktur All Out Dukung F1 Powerboat

Delegasi F1 Powerboat yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII akan disambut meriah.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Personel Polairud Polda Jawa Timur bermanuver menggunakan jetski di Selat Madura, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022). Polairud Polda Jawa Timur memiliki empat unit jetski yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas kepolisian diantaranya penanganan tindak pidana di laut serta melakukan kegiatan pencarian dan pertolongan (SAR) di perairan.
Foto: ANTARA/Didik Suhartono
Personel Polairud Polda Jawa Timur bermanuver menggunakan jetski di Selat Madura, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (30/6/2022). Polairud Polda Jawa Timur memiliki empat unit jetski yang digunakan untuk melakukan tugas-tugas kepolisian diantaranya penanganan tindak pidana di laut serta melakukan kegiatan pencarian dan pertolongan (SAR) di perairan.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Sejumlah infrastruktur dipersiapkan untuk mendukung perhelatan Kejuaraan Dunia F1 Powerboat Danau Toba, Indonesia pada 25-26 Februari 2023 mendatang. PT Angkasa Pura (AP) II (Persero) memastikan kesiapan Bandara Sisingamangaraja XII, Tapanuli Utara untuk mendukung ajang internasional tersebut.

Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin mengatakan terdapat beberapa bandara penting untuk mendukung perhelatan tersebut yaitu Bandara Sisingamangaraja XII (Tapanuli Utara) yang berlokasi sekitar 30 menit dari venue F1 Powerboat dan bandara pendukung yakni Bandara Kualanamu (Deli Serdang, Sumut), Bandara Soekarno-Hatta (Banten), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Baca Juga

Awaluddin menjelaskan, keberadaan Bandara Sisingamangaraja XII sejak awal untuk mendukung Danau Toba sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas. “AP II telah melakukan pengembangan berkelanjutan di Bandara Sisingamangaraja XII. Bandara ini telah dipersiapkan untuk menyambut event internasional seperti F1 Powerboat,” kata Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (5/2/2023).

Awaluddin memastikan ketersediaan slot time penerbangan di Bandara Sisingamangaraja XII untuk mendukung F1 Powerboat. Dia menuturkan, saat ini Bandara Sisingamangaraja XII beroperasi delapan jam setiap hari.

“Apabila dibutuhkan maka jam operasional siap diperpanjang untuk mengakomodir penerbangan tambahan. Yang jelas, AP II memastikan slot time penerbangan tersedia bagi maskapai,” ucap Awaluddin.

Terdapat tiga maskapai yang melayani penerbangan setiap hari dari Jakarta ke Bandara Sisingamangaraja XII dan sebaliknya. Maskapai tersebut yaitu Citilink, Batik Air, dan AirAsia Indonesia sebanyak tiga kali dalam sepekan.

Awaluddin menambahkan, AP II juga sudah menerima permintaan penambahan jadwal penerbangan. Salah satunya dari AirAsia Indonesia yang akan melayani penerbangan menjadi tujuh kali dalam sepekan.

Dia mengungkapkan, AP II juga sudah berkolaborasi dengan stakeholder termasuk maskapai dan ground handling. “Standar pelayanan dipastikan tetap terjaga, baik itu terkait ketepatan waktu penerbangan hingga layanan bagasi penumpang pesawat,” ungkap Awaluddin.

PT Angkasa Pura (Persero) juga memastikan sudah menyiapkan penanganan khusus bagi delegasi atau personel tim F1 Powerboat yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII, Tapanuli Utara. Delegasi F1 Powerboat yang tiba di Bandara Sisingamangaraja XII akan disambut dengan tarian daerah dan asistensi khusus oleh liaison officer, serta disiapkan ruang transit.

"Setelah proses kedatangan di bandara selesai, para delegasi kemudian menuju hotel dengan transportasi khusus,” kata Direktur Komersial dan Pelayanan AP II M Rizal Pahlevi dalam pernyataan tertulisnya.

Beberapa bandara penting untuk mendukung perhelatan tersebut yaitu Bandara Sisingamangaraja XII (Tapanuli Utara) yang berlokasi sekitar 30 menit dari venue F1 Powerboat. Begitu juga dengan bandara pendukung yakni Bandara Kualanamu (Deli Serdang, Sumut), Bandara Soekarno-Hatta (Banten), dan Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta).

Rizal memastikan Bandara Kualanamu juga siap menyambut wisatawan yang datang untuk berwisata di Medan dan sekitarnya. Para wisatawan juga dari Medan dapat menuju venue F1 Powerboat Danau Toba.

Dia mengatakan Bandara Kualanamu melayani penerbangan internasional untuk menyambut wisatawan nusantara dan wisatawan mancanegara yang memiliki rencana liburan panjang. Sementara Bandara Soekarno-Hatta juga akan menyambungkan berbagai kota dengan Bandara Sisingamangaraja XII.  

“F1 Powerboat Danau Toba menjadi daya tarik bagi wisatawan, di mana mereka bisa berlibur dalam waktu panjang di Sumatra Utara termasuk untuk melihat langsung ajang F1 Powerboat Danau Toba,” ucap Rizal.

Sementara itu, Direktur Utama InJourney, Dony Oskaria menjelaskan bahwa saat ini kesiapan F1 Powerboat hampir rampung. Dony menjelaskan, wet dan dry paddock telah selesai dibangun.

Selanjutnya podium akan segera diselesaikan dan kargo kontainer juga sudah tiba di Belawan. “Tentunya kami tidak hanya menyiapkan infrastruktur event saja, namun juga fasilitas pendukung lainnya,” ujar Dony.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement