Ahad 01 Oct 2023 00:15 WIB

Pamerkan Inovasi Bandara, Ini Fasilitas Modern AP II

AP II menampilkan fasilitas modern yang diperkuat teknologi terkini.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Ahmad Fikri Noor
Ilustrasi inovasi Angkasa Pura II.
Foto: Antara/FransiscoCarollio
Ilustrasi inovasi Angkasa Pura II.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA — Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menggelar pameran transportasi Hub Space yang menampilkan pencapaian sektor transportasi dalam kurun waktu 10 tahun terakhir di Jakarta Convention Center pada 29 September hingga 1 Oktober 2023. Pada pameran Hub Space tersebut, PT Angkasa Pura (AP) II membuat booth berkonsep Smart Airport untuk menampilkan sejumlah fasilitas terbaru dan modern yang menandakan kemajuan industri kebandaraudaraan nasional. 

“AP II sangat senang dapat turut memperkenalkan kemajuan sektor transportasi khususnya kebandarudaraan kepada masyarakat luas termasuk generasi muda. Kami berharap pameran Hub Space ini dapat semakin memicu AP II dan seluruh pihak untuk terus memajukan transportasi nasional,” kata Direktur Utama AP II Muhammad Awaluddin dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (30/9/2023). 

Baca Juga

Pada Hub Space tersebut, AP II menampilkan fasilitas modern yang diperkuat teknologi terkini pada aspek pelayanan dan operasional. Pada aspek pelayanan, AP II menampilkan fasilitas TravelinPass dan Robot DiLo. 

Sementara untuk aspek operasional ditampilkan sistem Airport Operation Control Center (AOCC) yang menunjukkan pergerakan pesawat seperti take off, landing, pergerakan di runway dan taxiway secara live di Bandara Soekarno-Hatta. Di booth AP II, Pengunjung Hub Space bisa merasakan langsung manfaat dari TravelinPass, yakni terbang mudah hanya dengan menunjukkan wajah. 

“AP II memboyong langsung TravelinPass autogate yang dilengkapi teknologi pengenalan wajah (biometric face recognition) ke pameran ini. Di bandara AP II, TravelinPass autogate ini terdapat di area yang disebut TravelinLane,” jelas Awaluddin. 

Melalui TravelinPass yang didukung TravelinLane, penumpang pesawat dapat langsung menuju area boarding lounge guna naik pesawat tanpa harus lagi melakukan pelaporan di konter check-in, tidak perlu menunjukkan KTP serta juga tidak perlu mengeluarkan boarding pass. Awaluddin memastikan penumpang juga bisa mudah dan lebih nyaman untuk naik pesawat, cukup melakukan verifikasi wajah untuk kemudian autogate di TravelinLane bisa terbuka. 

TravelinPass juga memastikan penumpang bisa merasakan bebas antrean untuk menuju area boarding lounge sebagaimana layanan business class dan first class bagi penumpang pesawat. “TravelinPass menghadirkan era baru perjalanan dengan pesawat. Penumpang pesawat tidak perlu repot lagi mengeluarkan berbagai dokumen, cukup datang ke bandara, menuju TravelinLane dan melakukan verifikasi wajah maka sudah bisa naik pesawat,” jelas Awaluddin. 

Di booth AP II, pengunjung juga bisa bertemu dengan Robot DiLo yang biasa menyapa penumpang pesawat di Bandara Soekarno-Hatta dan memberikan berbagai hiburan.

VP of Corporate Communications AP II Cin Asmoro mengatakan animo pengunjung untuk merasakan fasilitas baru di booth AP II cukup tinggi. “Pengunjung sangat antusias untuk merasakan manfaat TravelinPass dan mencoba face recognition di TravelinLane yang ada," ujar Cin Asmoro.

 

Lebih lanjut, Cin Asmoro mengatakan pada Hub Space ini AP II juga mengajak pengunjung untuk mengikuti voting Skytrax guna menentukan bandara terbaik di dunia. Skytrax yang fokus pada dunia penerbangan, saat ini tengah membuka voting untuk menentukan bandara terbaik di dunia untuk diumumkan pada ajang World Airport Awards. 

 

“Kami berharap dengan peningkatan pelayanan yang sudah dilakukan di berbagai titik, posisi Bandara Soekarno-Hatta dapat meningkat di jajaran bandara terbaik di dunia, serta mendapatkan penghargaan lainnya di ajang tersebut,” jelas Cin Asmoro.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement