Senin 30 Jan 2023 18:07 WIB

Lampaui Target, BSDE Bukukan Prapenjualan Rp 8,8 Triliun di 2022

Tahun lalu, BSDE menargetkan prapenjualan sebesar Rp 7,7 triliun.

Rep: Retno Wulandhari/ Red: Friska Yolandha
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2022). PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan prapenjualan sebesar Rp 8,8 triliun selama periode 2022.
Foto: Republika/Prayogi
Karyawan melintas di dekat layar pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) di gedung Bursa Efek Indonesia, Jakarta, Jumat (18/11/2022). PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan prapenjualan sebesar Rp 8,8 triliun selama periode 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Bumi Serpong Damai Tbk (BSDE) membukukan prapenjualan sebesar Rp 8,8 triliun selama periode 2022. Capaian tersebut melampaui target yang telah ditetapkan sebesar 14 persen. 

Untuk tahun lalu, BSDE menargetkan prapenjualan sebesar Rp 7,7 triliun. Prapenjualan residensial tercatat sebesar Rp 5,1 triliun, yang mewakili kontribusi 58 persen dari total penjualan yang dicapai BSDE. 

Baca Juga

"Ini adalah prestasi yang signifikan bagi kami, menunjukkan permintaan yang kuat untuk properti residensial," ujar Direktur BSDE Hermawan Wijaya, melalui siaran pers, Senin (30/1/2023).

Untuk segmen lainya, prapenjualan unit bisnis komersial, termasuk lahan komersial, apartemen strata-title dan rumah toko, mencapai Rp 2,1 triliun. Angka tersebut mewakili 24 persen dari capaian total prapenjualan 2022. 

Selain itu, BSDE membukukan penjualan tanah joint venture sebesar Rp 1,6 triliun atau sebesar 18 persen dibandingkan total prapenjualan 2022. BSD City merupakan kontributor tertinggi berdasarkan proyek yakni 56 persen, diikuti Nava Park 22 persen dan Grand Wisata Bekasi 11 persen. 

"Kontributor terbesar kedua kami adalah Kota Wisata Cibubur sebesar tujuh persen dan The Zora sebesar lima persen," kata Hermawan.

Pada Kuartal IV 2022, prapenjualan meningkat sebesar dua persen atau Rp 43 miliar, berkat peluncuran yang berkelanjutan terutama untuk segmen yang laris seperti segmen menengah dan menengah atas.

Sekitar 42 persen dari produk yang diluncurkan dibanderol antara Rp 1 miliar-Rp 3 miliar per unit, 24 persen dihargai antara Rp 3 miliar-Rp 5 miliar per unit, 18 persen ditujukan untuk Rp 5 miliar-Rp 10 miliar per unit (upper) dan 16 persen dihargai di atas Rp 10 miliar per unit (premium).

Pencapaian yang signifikan selama 2022 didukung oleh beberapa proyek dan kluster, termasuk produk rumah tinggal di BSD City antara lain Grand Freja dan Freja Chic, Tanakayu Jiva, Svani, Svadhi, Svasti dan Chava (segmen menengah), Vanya Park (Askara Nue) dan Kanade di The Zora (pasar segmen atas untuk rumah tinggal), Laurel dan Marigold Tower 7 di Nava Park (pasar segmen premium), Enchante. 

Produk ruko di BSD City antara lain Latinos Business District, Northridge Business Center fase 2, Compton, Greenwich Business Park dan North Point Two. Di luar BSD City dan di sekitar Jakarta, ada beberapa produk yang menarik perhatian pembeli, termasuk Grand Wisata (New Cherry Ville, Z Living, Garden Hous, New Westfield) dan Kota Wisata (Mississippi, Nashville, Atherton, Miami, Business loft Downtown Madison dan Lumibizz).

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement