Jumat 27 Jan 2023 03:55 WIB

Pupuk Kaltim Fasilitasi Pendidikan Layak bagi Anak

Pupuk Kaltim buka program beasiswa PKT peduli untuk anak kurang mampu di Bontang

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT, kembali membuka program beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2023 untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi bagi pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Tahap awal, Pupuk Kaltim menggelar sosialisasi program bagi seluruh tingkatan sekolah se-Kota Bontang di Gedung Kopkar Pupuk Kaltim pada Rabu (25/1/2023).
Foto: facebook.com/pupukkaltim
Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT, kembali membuka program beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2023 untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi bagi pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Tahap awal, Pupuk Kaltim menggelar sosialisasi program bagi seluruh tingkatan sekolah se-Kota Bontang di Gedung Kopkar Pupuk Kaltim pada Rabu (25/1/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Anggota holding Pupuk Indonesia, PT Pupuk Kalimantan Timur (Pupuk Kaltim) atau PKT, kembali membuka program beasiswa PKT Peduli Pendidikan (PKTPP) 2023 untuk tingkat sekolah dasar (SD) hingga perguruan tinggi bagi pelajar berprestasi dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Tahap awal, Pupuk Kaltim menggelar sosialisasi program bagi seluruh tingkatan sekolah se-Kota Bontang di Gedung Kopkar Pupuk Kaltim pada Rabu (25/1/2023).

SVP SDM Pupuk Kaltim Endang Murtiningsih, mengatakan program yang digagas sejak 2008 merupakan langkah aktif perusahaan dalam menciptakan SDM terampil, berkompeten, dan berdaya saing global dengan memberikan pendidikan yang layak, khususnya bagi anak berprestasi dari keluarga kurang mampu secara finansial. 

Endang menyampaikan program ini sesuai misi Pupuk Kaltim untuk memberi manfaat bagi masyarakat dan lingkungan mengingat pendidikan merupakan faktor utama pengembangan kapasitas untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat. 

"Program ini memberi keleluasaan bagi penerima untuk memilih jurusan dan perguruan tinggi yang diminati, dengan pembiayaan penuh mulai awal masuk hingga lulus, baik untuk tingkat SD hingga perguruan tinggi," ujar Endang dalam keterangan tertulis di Jakarta, Kamis (26/1/2023).

 

Endang menjelaskan program PKTPP sengaja menyasar mulai tingkat SD hingga perguruan tinggi mengingat pendidikan harus berkesinambungan guna terwujudnya generasi penerus yang cerdas terliterasi, kreatif dan informatif. Hal ini bentuk implementasi komitmen Pupuk Kaltim untuk terus berperan dalam peningkatan kapasitas SDM melalui pendidikan.

"Sebab pendidikan bagi anak harus berkesinambungan, agar generasi penerus yang cerdas, terliterasi, sekaligus kreatif dan informatif mampu terwujud dengan baik di Kota Bontang," ucap Endang. 

Endang pun memastikan program PKTPP akan terus dikembangkan Pupuk Kaltim dalam mendukung pendidikan anak yang berkualitas di Bontang dan Kalimantan Timur. Hal ini selaras dengan peran perusahaan dalam mewujudkan masyarakat yang berdaya saing melalui berbagai pelatihan dan pengembangan kompetensi hingga pendidikan sejak dini.

"Program PKTPP akan tetap menjadi bagian dari langkah Pupuk Kaltim dalam menciptakan sumberdaya manusia andal, terampil dan berdaya saing, sehingga ke depan tidak ada lagi anak di Bontang yang kesulitan mendapatkan akses pendidikan, karena Pupuk Kaltim akan hadir untuk memfasilitasi itu," sambung Endang. 

Kepala Bidang Pembinaan Ketenagaan dan Kebudayaan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Bontang Eka Dedy Anshariddin, mengapresiasi kontribusi Pupuk Kaltim dalam mendukung terciptanya SDM andal dan berkualitas, melalui penyediaan akses pendidikan yang layak bagi anak. Eka menilai program ini sejalan dengan langkah Pemkot Bontang dalam meningkatkan SDM terampil dan berdaya saing sehingga mampu berkompetisi di berbagai bidang. 

"Kami menilai program PKTPP menjadi salah satu upaya menciptakan sumberdaya manusia yang terampil dan berkompeten di Kota Bontang, dimana anak mendapatkan akses pendidikan yang layak dengan kesinambungan proses di dalamnya," ucap Eka. 

Eka berharap program PKTPP dapat terus diperluas sehingga membuka kesempatan yang jauh lebih besar bagi anak berprestasi, khususnya dari keluarga kurang mampu di Kota Bontang. Eka menyampaikan sumber daya manusia harus mampu menjawab tantangan dan memberikan kontribusi optimal terhadap daerah dan negara. 

"Kami berharap melalui program PKTPP ini SDM Bontang lebih maju dan berdaya saing karena semakin banyak anak yang terfasilitasi untuk mendapatkan pendidikan secara layak. Semoga program ini terus ditingkatkan dan dikembangkan Pupuk Kaltim dengan jumlah penerima yang juga meningkat setiap tahun," kata Eka.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement