Selasa 24 Jan 2023 10:18 WIB

Sistem Listrik Mati, Operasional Kilang KPI RU VI Balongan Mati

Terkendalanya operasional kilang akibat listrik mati, tidak mengganggu distribusi BBM

Kilang RU VI Balongan belum beroperasi normal pascamatinya sistem aliran listrik di kilang.
Foto: Istimewa
Kilang RU VI Balongan belum beroperasi normal pascamatinya sistem aliran listrik di kilang.

REPUBLIKA.CO.ID, INDRAMAYU -- Sistem kelistrikan di lingkungan  Kilang Pertamina Internasional (KPI) Refinery Unit VI Balongan, Kabuppaten Indramayu, Provinsi Jabar, pada pada pukul 03.30 WIB, Selasa (24/1/2023). Dampaknya, operasional kilang pemasok bahan bakar minyak (BBM) untuk DKI Jakarta dan Jabar ini, mengalami kendala (mati).

"Gangguan ini terjadi sekitar jam 03:30 pagi. Penyebabnya, hingga sekarang masih dalam investigasi, karena begitu mendadak," kata Mohamad Zulkifli Area Manager Communication, Relation, and CSR PT KPI RU VI Balongan saat dihubungi Republika.co.id, Selasa (24/1/2023).

Dikatakannya, karena sistem listrik ini mensupply semua unit, maka otomatis operasional kilang terkendala. Meski demikian, tegas Zulkifli, terkendalanya operasional kilang ini tidak mengganggu distribusi BBM. "Distribusi, Insya Allah aman," ucap dia.

Saat ini, kata Zulkifli, pihaknya tengah mengupayakan untuk membangkitkan operasiolnal kilang terlebih dulu. Dia mengatakan, tidak ada kerusakan dari sisi pembangkit atau boilernya, dan kondisi bertahap sedang diupayakan untuk mensupply. 

 

"Ini menggunakan skala prioritas, sehingga tidak serta merta menyala," ujarnya.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement