Senin 23 Jan 2023 08:21 WIB

Suku Bunga di Eropa Bulan Depan Naik 50 Bps

ECB juga memungkinkan akan terus menaikkan suku bunga pada bulan-bulan berikutnya.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Friska Yolandha
Trem melaju ke kota dengan latar belakang Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, Rabu, 19 Mei 2021.
Foto: AP/Michael Probst
Trem melaju ke kota dengan latar belakang Bank Sentral Eropa di Frankfurt, Jerman, Rabu, 19 Mei 2021.

REPUBLIKA.CO.ID, AMSTERDAM -- Bank Sentral Eropa (ECB) memutuskan untuk menaikan suku bunga pada Februari dan Maret 2022. ECB akan menaikan suku bunga sebesar 50 basis poin (bps).

"Harapkan kami untuk menaikkan suku bunga sebesar 0,5 persen pada Februari dan Maret dan berharap kami tidak melakukannya pada saat itu," kata Anggota Dewan Gubernur ECB Klaas Knot dikutip dari Reuters, Ahad (22/1/2023).

Baca Juga

Knot mengungkapkan ECB juga akan banyak mengambil langkah pada Mei dan Juni 2023. ECB juga memungkinkan akan terus menaikkan suku bunga pada bulan-bulan berikutnya.

Dalam wawancara terpisah dengan surat kabar Italia, La Stampa, Knot mengatakan saat ini masih terlalu dini untuk memperlambat laju kenaikan suku bunga. "Itu juga akan menjadi waktu di mana kita bisa turun lebih jauh dari 50 menjadi 25 bps, misalnya. Tapi kita masih jauh dari itu," tutur Knot.

Meskipun begitu, Knot mengungkapkan langkah menaikan suku bunga juga untuk mengatasi inflasi. Dia yakin pada kondisi tertentu, risiko yang berkaitan dengan prospek inflasi akan menjadi lebih seimbang.

sumber : Reuters
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement