Senin 13 May 2024 20:45 WIB

Ekspektasi Penurunan Suku Bunga The Fed Berkurang

Pemerintah masih cenderung menerapkan kebijakan fiskal dan moneter yang akomodatif.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Lida Puspaningtyas
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.
Foto: Republika/Rahayu Subekti
Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mengungkapkan saat ini kondisi ekonomi global masih terdapat ketidakpastian. Ketua Dewan Komisioner OJK Mahendra Siregar mengatakan saat ini PDB di Amerika Serikat (AS) melambat 1,6 persen secara kuartal dibandingkan sebelumnya yang tumbuh sebesar 3,4 persen. 

"Ini penurunan terendah dalam dua tahun terakhir ini," kata Mahendra dalam konferensi pers RDK Bulanan OJK April 2024, Senin (13/5/2024). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, hal tersebut disebabkan peningkatan impor yang signifikan. Meskipun begitu, Mahendra menuturkan kinerja ekonomi Amerika Serikat menunjukan tanda-tanda penguatan lebih tinggi daripada ekspektasi semula. 

"Hal ini mendorong kembalinya higher for longer AS menjadi menurun. Artinya, ekspektasi terjadinya pemotongan FFR dalam waktu dekat berkurang," ucap Mahendra. 

 

Berbeda dengan The Fed, Bank Sentral Eropa dan Bank Sentral Inggris dihadapkan pada dilema antara pertumbuhan ekonomi rendah dan inflasi masih tinggi di kawasan Eropa. Meskipun begitu, Mahendra menuturkan pasar mengekpektasikan Bank Sentral Eropa dan Inggris akan memilih menurunkan suku bunga untuk mendorong pertumbuhan ekonomi. 

Sementara di China, Mahendra menuturkan rilis kinerja ekonomi di atas ekspektasi pasar meskipun masih terjadi pemecahan permintaan domestik.

"Sehingga pemerintah masih cenderung menerapkan kebijakan fiskal dan moneter yang akomodatif," jelas Mahendra. 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement