Kamis 06 Jun 2024 15:23 WIB

Curi Start dari The Fed, Bank Eropa Beri Sinyal Turunkan Suku Bunga

Bank sentral besar di seluruh dunia kini cenderung menurunkan suku bunga.

 Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menyampaikan konferensi pers setelah pertemuan Dewan Pemerintahan ECB di Frankfurt am Main, Jerman, Kamis (16/3/2023). Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga utama sebesar 0,5 persen karena kekhawatiran inflasi di tengah gejolak di pasar sektor perbankan setelah bank Amerika SVB (Silicon Valley Bank) runtuh dan kesulitan bank Credit Suisse.
Foto: EPA-EFE/FRIEDEMANN VOGEL
Presiden Bank Sentral Eropa (ECB) Christine Lagarde menyampaikan konferensi pers setelah pertemuan Dewan Pemerintahan ECB di Frankfurt am Main, Jerman, Kamis (16/3/2023). Bank Sentral Eropa menaikkan suku bunga utama sebesar 0,5 persen karena kekhawatiran inflasi di tengah gejolak di pasar sektor perbankan setelah bank Amerika SVB (Silicon Valley Bank) runtuh dan kesulitan bank Credit Suisse.

REPUBLIKA.CO.ID, FRANKFURT -- Bank Sentral Eropa (ECB) berencana untuk bergerak mendahului Federal Reserve AS pada Kamis (6/6/2024) dalam memangkas suku bunga. Ini menjadikan zona euro sebagai negara dengan perekonomian dunia kaya terbesar yang mulai mengurangi biaya pinjaman bagi dunia usaha dan konsumen seiring dengan meningkatnya inflasi setelah invasi besar-besaran Rusia ke Ukraina perlahan-lahan surut.

Presiden ECB Christine Lagarde dan pejabat lainnya telah memperjelas bahwa penurunan suku bunga sebesar seperempat poin dari rekor tertinggi saat ini sebesar 4 persen kemungkinan besar terjadi ketika dewan gubernur bank yang beranggotakan 26 orang bertemu di kantor pusat gedung pencakar langit lembaga tersebut di Frankfurt, Jerman.

Baca Juga

Lagarde mengatakan akhir bulan lalu bahwa dia “sangat yakin” inflasi terkendali di zona euro, 20 negara Uni Eropa yang menggunakan mata uang euro dan ECB yang menetapkan kebijakan moneternya.

Pernyataannya dan pernyataan pejabat ECB lainnya membuat para analis yakin bahwa penurunan suku bunga adalah kesepakatan yang akan dilakukan pada hari Kamis.

 

Bank-bank sentral besar di seluruh dunia kini cenderung menurunkan suku bunga. Bank sentral di negara-negara kecil telah memangkas suku bunga, termasuk di Swedia, Swiss, Hongaria, dan Republik Ceko.

Para pengambil kebijakan Bank of England dijadwalkan bertemu pada tanggal 20 Juni, namun belum jelas apakah dewan gubernur akan menurunkan suku bunga dari 5,25 persen. Jepang, yang merupakan negara dengan ekonomi berbeda di antara negara-negara besar dunia, telah mulai menaikkan suku bunga setelah bertahun-tahun berada di bawah nol dan inflasi yang rendah.

Lonjakan inflasi di Eropa dipicu oleh penghentian sebagian besar pasokan gas alam ke benua tersebut oleh Rusia, dan terhambatnya pasokan bahan mentah dan suku cadang ketika perekonomian global pulih dari pandemi Covid-19.

Meskipun zona euro adalah negara yang pertama kali terkena dampak paling parah dari penghentian kebijakan Rusia, lonjakan harga energi yang diakibatkannya kini sebagian besar telah mereda dan inflasi turun menjadi 2,6 persen pada bulan Mei. Ini turun dari puncaknya sebesar 10,6 persen pada bulan Oktober 2022 dan berada dalam kisaran target ECB sebesar 2 persen.

Federal Reserve menghadapi perekonomian yang berbeda, perekonomian di mana stimulus pemerintah dan belanja pemulihan pandemi, serta pertumbuhan yang lebih kuat memicu inflasi. Indeks harga konsumen AS berada pada angka 3,4 persen per tahun, jauh dari target The Fed yang juga sebesar 2 persen.

Ketua Fed Jerome Powell mengatakan bank memperkirakan akan menurunkan suku bunga tahun ini dari level acuan saat ini sebesar 5,25 persen-5,5 persen, namun diperkirakan tidak ada perubahan pada pertemuan kebijakan Fed berikutnya pada 11-12 Juni. Dengan inflasi yang melambat di AS, para ekonom dan investor kini semakin memperkirakan hanya satu atau dua pemotongan tahun ini.

Melebarnya kesenjangan suku bunga antara Eropa dan AS, secara teori, dapat melemahkan euro terhadap dolar dengan menarik lebih banyak uang investasi keluar dari zona euro dan memasukkan kepemilikan dolar untuk mencari keuntungan yang lebih tinggi. Hal ini akan merugikan upaya ECB dalam memerangi inflasi karena membuat impor menjadi lebih mahal.

sumber : AP

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement