Rabu 28 Dec 2022 00:46 WIB

Final Burn Jadi Langkah Transparansi dan Keterbukaan KunciCoin

Final burn dinilai jadi salah satu langkah transparansi dan keterbukaan KunciCoin.

KunciCoin. Final burn dinilai jadi salah satu langkah transparansi dan keterbukaan KunciCoin.
Foto: Istimewa
KunciCoin. Final burn dinilai jadi salah satu langkah transparansi dan keterbukaan KunciCoin.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Membakar aset kripto dilakukan dalam rangka untuk memberikan transparansi, kejelasan, dan keterbukaan perusahaan atas kepemilikan dan peredaran supply yang ada di market kripto dan blockchain.

Nilai Rp 15 triliun aset kripto yang akan dibakar adalah kripto $KUNCI sebesar 36 miliar token kripto yang diluncurkan KunciCoin pada 2022 tersebut. Pembakaran $KUNCI ini merupakan 90 persen dari 40 milyar $KUNCI total supply yang akan dibakar atau diisburtilahkan dengan Coin Burn. Pembakaran $KUNCI ini juga akan bersifat Final Burn.

KunciCoin sebelum Final Burn sudah melakukan empat kali coin burn. Pada 2022, coin burn KunciCoin pertama sebesar 50 miliar $KUNCI, coin burn KunciCoin kedua sebesar 5 miliar $KUNCI, coin burn KunciCoin ketiga sebesar 5 miliar $KUNCI, dan coin burn KunciCoin keempat sebesar 2,5 miliar $KUNCI.

Langkah melakukan Final Burn sebesar 36 miliar $KUNCI ini secara otomatis akan semakin mengurangi jumlah supply $KUNCI yang beredar di market dari pertama kali 100 miliar saat $KUNCI diluncurkan hingga hanya akan tersedia 4 miliar $KUNCI di peredaran market.

JokoCrypto selaku Co-Founder KunciCoin mengatakan, Final Burn ini merupakan salah satu langkah KunciCoin dalam memberikan transparansi, kejelasan, dan keterbukaan KunciCoin atas pandangan dan persepsi masyarakat atas jumlah token $KUNCI yang beredar di market.

"Selain itu dengan melakukan Final Burn ini tentu saja membuat semakin terbatasnya jumlah token yang ada di market dan final supply kali ini sudah kami perhitungkan dengan baik sehingga kami harap dapat memenuhi kebutuhan untuk berbagai use case yang sudah kami launch dan yang akan segera kami luncurkan juga di waktu mendatang," kata JokoCrypto dalam rilisnya, Selasa (27/12/2022).

Coin Burn dalam ekosistem kripto dan blockchain merupakan istilah yang menggambarkan proses pembakaran untuk menghilangkan koin secara permanen dari peredaran di market dengan cara dibuang ke wallet address yang mati.

Sehingga koin tersebut tidak dapat digunakan kembali. Mengurangi jumlah supply dengan melakukan coin burn secara otomatis akan mendongkrak harga $KUNCI semakin bernilai. 

KunciCoin sebelum melakukan Final Burn telah meluncurkan dua produk dan layanan sebagai use case yaitu Qoinpay dan KunciPlay. Qoinpay merupakan aplikasi utilisasi aset kripto berbasis blockchain dan QRIS pertama di Indonesia sedangkan KunciPlay merupakan inovasi layanan digital platform musik streaming pertama di Indonesia dalam format NFT berbasis blockchain.  

Final burn diharapkan dapat semakin menunjang visi KunciCoin dalam menginformasikan bahwa kripto lokal dapat bersaing dan memiliki value di ekosistem market kripto global dengan berbagai pengembangan produk dan layanan yang dilakukan oleh KunciCoin sebagai bagian dari cara memberikan edukasi kepada publik mengenai perkembangan teknologi berbasis blockchain dan kripto.

"Hal ini dapat dipergunakan dan menjadi solusi atas permasalahan yang ada serta menepis anggapan miring mengenai kemampuan developer Indonesia mengembangkan sektor industri kripto dan blockchain," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement