Senin 26 Dec 2022 06:53 WIB

ASDP Prediksi Penumpang di Lintasan Ajibata-Ambarita Naik 10 Persen

Puncak arus balik dari Pelabuhan Ambarita diperkirakan terjadi pada 1-3 Januari 2023.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Andi Nur Aminah
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin
Foto: Istimewa
Corporate Secretary PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) Shelvy Arifin

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT ASDP Indonesia Ferry (Persero) mencatat lintasan Ajibata-Ambarita menjadi salah satu akses penyeberangan tersibuk saat masa libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2022/2023. ASDP memprediksi akan ada peningkatan penumpang di lintasan yang berada di destinasi pariwisata super prioritas Kawasan Danau Toba tersebut. 

“Diprediksi lintasan Ajibata-Ambarita akan mengalami peningkatan penumpang sebesar 10 persen, kendaraan roda dua sebanyak delapan persen, dan kendaraan roda empat atau lebih sebanyak lima persen,” kata Corporate Secretary ASDP Indonesia Ferry, Shelvy Arifin dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (25/12/2022) malam. 

Baca Juga

Shelvy mengharapkan pada periode Angkutan Nataru tahun ini, ASDP dapat melayani masyarakat Danau Toba dan para wisatawan yang ingin berlibur. Khususnya untuk menyeberang di lintasan Ajibata- Ambarita menggunakan KMP Ihan Batak dan juga KMP Pora-Pora. 

Untuk lintasan Ajibata-Ambarita yang dikelola oleh Cabang Sibolga, ASDP menyiapkan antisipasi dan strategi dalam pelayanan arus berangkat maupun balik selama periode Nataru. Untuk puncak arus berangkat dari Pelabuhan Ajibata diperkirakan pada Kamis (29/12/2022) hingga Sabtu (31/12/2022). Sementara puncak arus balik dari Pelabuhan Ambarita diperkirakan terjadi pada 1-3 Januari 2023. 

"Dengan adanya potensi lonjakan penumpang dan kendaraan, kita mengantisipasi dengan penambahan jumlah trip untuk peningkatan kapasitas angkut,” ungkap Shelvy. 

Beberapa skema trip yang disiapkan mulai dari delapan trip, 10 trip, 12 trip, dan 14 trip. Lalu pada puncak arus balik sebanyak 20 trip masing-masing baik dari Ajibata maupun Ambarita. 

“Untuk Natal dan Tahun Baru 2023 ini kami merencanakan layanan operasional dengan total 516 trip selama arus berangkat dan balik," ucap Shelvy.

Pada 2022, pemerintah memberikan kepercayaan penuh kepada ASDP untuk mengoperasikan Pelabuhan Ajibata dan Pelabuhan Ambarita sebagai Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP)​​​​​​​. Lintasan Ajibata-Ambarita yang dilayani KMP Ihan Batak adalah salah satu jalur tersibuk dan menjadi lintasan perdana yang menerapkan layanan tiket online berbasis web melalui toba.ferizy.com.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement