Kamis 15 Dec 2022 14:23 WIB

Dirjen Migas: EOR Bisa Tambah Umur Sumur

Dengan EOR umur sumur migas bisa ditingkatkan dari 5 tahun menjadi 10 tahun.

Rep: Intan Pratiwi/ Red: Nidia Zuraya
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)
Foto: AP PHOTO
Ladang pengeboran migas (ilustrasi)

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi Kementerian ESDM Tutuka Ariadji menjelaskan dengan teknik Enhanced Oil Recovery (EOR) saat ini yang dikembangkan oleh pemerintah bukan hanya sekedar meningkatkan produksi minyak saja tetapi juga untuk menambah umur sumur.

Penambahan umur sumur ini, kata Tutuka dengan teknik EOR maka bisa menambah cadangan minyak di dalam sumur dan menjaga kualitas sumur. "Jadi EOR ini bukan sekedar menaikan produksi saja tetapi juga menambah cadangan. Dengan teknik ini maka ketika produksi dipompa, cadangan tidak berkurang," ujar Tutuka di Gedung Lemigas, Kamis (15/12/2022).

Baca Juga

Umur sumur yang mungkin selama ini berusia tinggal 5 tahun, dengan adanya teknologi EOR, maka umur sumur bisa mencapai 10 tahun. "Dengan teknologi ini maka yang semula cadangan katakanlah 100, maka cadangannya bisa naik jadi 150 barel," ujar Tutuka.

Saat ini kata Tutuka pemerintah masih melakukan rangkaian pengujian dan juga mencari teknologi yang paling murah untuk bisa diterapkan di Indonesia. Kata dia, teknologi ini menjadi salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk bisa meningkatkan produksi dan cadangan minyak.

"Pemerintah akan mempromosikan yang dilakukan di sini terhadap stakeholder terkait dan memfasilitasi bagaimana ini bisa didorong terus. Apakah diperlukan insentif untuk mendorong kegiatan ini," ujar Tutuka.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement