Senin 31 Oct 2022 12:22 WIB

PLN UIP Sulawesi Bantu Pengadaan Air Bersih Warga Kabupaten Muna

PLN UIP Sulawesi membantu pengadaan air bersih warga Desa Mabholu, Kabupaten Muna

Rep: Antara/ Red: Christiyaningsih
Warga mengisi air bersih yang disalurkan dari truk tangki. PLN UIP Sulawesi membantu pengadaan air bersih warga Desa Mabholu, Kabupaten Muna. Ilustrasi.
Foto: Antara/Umarul Faruq
Warga mengisi air bersih yang disalurkan dari truk tangki. PLN UIP Sulawesi membantu pengadaan air bersih warga Desa Mabholu, Kabupaten Muna. Ilustrasi.

REPUBLIKA.CO.ID, MAKASSAR - PT PLN (Persero) Unit Induk Pembangunan (UIP) Sulawesi membantu pengadaan air bersih warga Desa Mabholu, Kabupaten Muna, Provinsi Sulawesi Tenggara. Bantuan ini disalurkan melalui Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL).

"Setelah sekian lama warga menantikan sarana air bersih, kini mereka bisa menikmati air bersih melalui program STJL PLN," kata Senior Manager Perizinan, Pertanahan dan Komunikasi PLN UIP, Nur Akhsin di Makassar dalam keterangan persnya di Makassar, Senin (31/10/2022).

Baca Juga

Dia mengatakan guna mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan pada sektor lingkungan hidup, yaitu menjamin ketersediaan serta pengelolaan air bersih dan sanitasi yang berkelanjutan bagi semua, PLN UIP Sulawesi melalui PLN UPP Sultra menggandeng Komunitas Wuna Kreatif dalam menyalurkan bantuan air bersih kepada 25 KK yang ada di Desa Mabholu, Kecamatan Lohia.

Menurutnya PLN senantiasa memberikan kemanfaatan bagi masyarakat di sekitar Pembangunan Infrastruktur Ketenagalistrikan (PIK) melalui kegiatan TJSL/CSR. "Melalui kegiatan TJSL, PLN terus memberikan dampak positif bagi masyarakat yang ada di sekitar PIK, khususnya masyarakat yang ada di sekitar pembangunan SUTT 150 kV Raha - Baubau, yang merupakan jaringan transmisi 150 kV antarpulau pertama di Sulawesi," katanya.

Wakil Bupati Muna Bachrun Labuta menyampaikan terima kasihnya kepada PLN atas bantuan air bersih yang diberikan kepada masyarakat. "Saya mewakili pemerintah daerah mengucapkan terima kasih kepada PLN atas bantuannya. Kami harap ke depannya pelayanan kelistrikan di Pulau Muna bisa lebih baik lagi," ujarnya.

Laode Hataludin, salah satu penerima bantuan, mengaku selama ini di desa mereka memang kekurangan pasokan air bersih. "Selama ini desa kami kekurangan air bersih. Dulunya pada setiap musim kering masyarakat sampai rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah hanya untuk membeli air tangki, drum maupun jerigen," ujarnya.

Ia menambahkan keluhan masyarakat Desa Mabholu terkait kekurangan air akhirnya bisa terjawab dengan adanya bantuan dari PLN berupa pemasangan pipa air gratis.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement