Senin 17 Oct 2022 13:03 WIB

AP I Layani 47 Reaktivasi Rute Penerbangan

26 diantaranya merupakan reaktivasi rute internasional.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Nidia Zuraya
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai parkir di bandara. ilustrasi
Foto: ANTARA/Muhammad Iqbal
Sejumlah pesawat dari berbagai maskapai parkir di bandara. ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA —  PT Angkasa Pura (AP) I (Persero) mencatat telah melayani sebanyak 47 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru pada periode kuartal III 2022. Direktur Utama AP I Faik Fahmi mengatakan pada periode tersebut terdapat pertumbuhan rute penerbangan yang dilayani di bandara AP I melalui reaktivasi rute domestik dan internasional, maupun pembukaan rute baru domestik dan internasional. 

“Dari 47 rute tersebut adalah satu reaktivasi rute domestik dan 18 pembukaan rute baru domestik, serta 26 reaktivasi rute internasional dan dua pembukaan rute baru internasional,” kata Faik dalam pernyataan tertulisnya, Senin (17/10/2022). 

Baca Juga

Dia menjelaskan, pada Juli 2022 terdapat sebanyak empat pembukaan rute baru domestik, 10 reaktivasi rute internasional, dan satu pembukaan rute baru internasional. Untuk Agustus 2022 terdapat dua pembukaan rute baru domestik dan 8 reaktivasi rute internasional. 

Sedangkan pada September 2022 terdapat satu reaktivasi rute domestik. Begitu juga dengan 12 pembukaan rute baru domestik, delapan reaktivasi rute internasional, dan satu pembukaan rute baru internasional.

“Tentunya hal ini merupakan hal yang sangat positif, di mana dengan semakin meningkatnya kebutuhan masyarakat untuk bepergian menggunakan moda transportasi udara, semakin bertambah pula rute penerbangan yang beroperasi di bandara yang kami kelola," jelas Faik.

Faik menambahkan, pada periode tersebut terdapat sebanyak emoat maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru domestik. Lalu juga 16 maskapai penerbangan yang melakukan reaktivasi dan membuka rute baru internasional. 

Bandara AP I yang melayani reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah Bandara I Gusti Ngurah Rai Bali dengan lima rute domestik dan 22 rute internasional, Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan dengan tiga rute domestik, Bandara Juanda Surabaya dengan enam rute domestik dan enam rute internasional, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan dua rute domestik, Bandara Adi Soemarmo Surakarta dengan satu rute domestik, Bandara Internasional Lombok dengan satu rute Domestik, serta Bandara Syamsudin Noor dengan satu rite domestik.

Untuk rute domestik, AP I mencatat maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru yakni Super Air Jet dengan 10 pembukaan rute baru, danIndonesia AirAsia dengan lima pembukaan rute baru. Begitu juga dengan Lion Air dengan dua pembukaan rute baru dan Batik Air dengan satu reaktivasi rute dan satu pembukaan rute baru.

Sedangkan untuk rute internasional, maskapai yang melakukan reaktivasi rute dan pembukaan rute baru adalah yakni Indonesia AirAsia dengan lima reaktivasi rute, Jetstar dengan empatreaktivasi rute, Lion Air dengan empar reaktivasi rute, dan Batik Air dengan dua pembukaan rute baru. Lalu AirAsia, Garuda Indonesia, Vietjet Air, Philippine Airlines, Korean Air, Philippine AirAsia, Thai AirAsia, Emirates, Sriwijaya Air, Singapore Airlines, Malaysia Airlines, China Airlines, dan Batik Air Malaysia yang masing-masing melakukan satu reaktivasi rute internasional.

"Dengan penambahan 47 rute di bulan Juli hingga September tersebut, secara total Angkasa Pura I telah melayani sebanyak 144 reaktivasi rute dan pembukaan rute penerbangan baru sepanjang bulan Januari hingga September 2022,” ungkap Faik. 

Jika dirinci lagi, Faik menuturkan terdapat sebanyak 10 reaktivasi rute dan 36 pembukaan rute domestik. Selain itu juga 96 reaktivasi dan dia pembukaan rute internasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement