Kamis 13 Oct 2022 17:36 WIB

Sembilan Elemen Bisnis Model Canvas untuk Suksesnya Sebuah Bisnis

Aplikasi DoCheck mempermudah penerapan sembilan elemen bisnis model canvas.

Aplikasi DoCheck mempermudah penerapan sembilan elemen bisnis model canvas.
Foto: Freepik
Aplikasi DoCheck mempermudah penerapan sembilan elemen bisnis model canvas.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Memulai sebuah bisnis membutuhkan perencanaan dan manajemen sebaik mungkin agar kelak bisnis dapat tumbuh dan berkembang. Dengan memiliki manajemen bisnis yang baik, harapannya pengusaha dapat mencapai tujuan bisnisnya. Upaya yang dapat dilakukan untuk memiliki manajemen bisnis yang baik, yaitu dengan menerapkan salah satu dari berbagai macam strategi bisnis yang ada.

Salah satunya kamu bisa memulai merancang bisnis dengan menggunakan bisnis model canvas. Di dalamnya terdapat sembilan elemen bisnis model canvas yang harus dipetakan.

Baca Juga

Business model canvas ini diciptakan oleh Alex Osterwalder, seorang konsultan dan pakar bisnis yang berasal dari Swiss. Bisnis model canvas merupakan framework yang populer bagi bisnis startup. Bisnis model canvas mampu menjelaskan, memvisualisasikan, menilai, dan mengubah model bisnis untuk menghasilkan kinerja yang lebih optimal. Model bisnis canvas ini dapat diterapkan oleh semua jenis bisnis tanpa terbatas sektor usaha.

Bisnis model canvas ini sudah luas diterapkan oleh banyak perusahaan sebagai model bisnis mereka. Umumnya model bisnis canvas ini digunakan oleh para pengusaha untuk mengembangkan bisnisnya agar lebih efisien dalam menjangkau target pasar. Memiliki bisnis yang sukses merupakan impian para pengusaha, termasuk kamu.

Benar demikian, bukan? Untuk itu, kamu perlu mematangkan model bisnis sebagai strategi yang akan dilakukan sehingga menghasilkan value. Sebelum memetakan sembilan elemen bisnis model canvas ini, yuk simak dulu apa itu bisnis model canvas!

photo
Aplikasi DoCheck mempermudah penerapan sembilan elemen bisnis model canvas. - (Freepik)
 

Pengertian bisnis model canvas 

Apa Itu Bisnis Model Canvas?

Business model canvas adalah sebuah strategi dalam manajemen yang disusun untuk menjabarkan ide dan konsep bisnis dalam bentuk visual chart. Dalam bisnis model canvas ini terdapat beberapa elemen penting.

Sembilan elemen bisnis model canvas ini penting untuk membantu dalam proses perencanaan usaha. Dalam bukunya yang berjudul “Business Model Generation” Alex Osterwalder membahas mengenai sebuah gambaran sederhana untuk mempresentasikan elemen-elemen penting yang ada pada bisnis model.

Model bisnis ini memiliki alur kerja yang cukup sederhana, secara garis besarnya alurnya mengalir dari satu elemen menuju elemen penting berikutnya. Melakukan perancangan dengan menggunakan bisnis model canvas ini bisa dilakukan oleh siapa pun, baik kamu yang masih pemula, pengusaha, bahkan seorang eksekutif senior. Berikut sembilan elemen bisnis model canvas yang harus kamu ketahui dan pahami ketika melakukan perancangan bisnis.

Sembilan Elemen Bisnis Canvas

Dalam membuat rangkaian bisnis model canvas, kamu harus tahu terlebih dahulu beberapa elemen bisnis model canvas. Terdapat sembilan elemen yang harus ada dalam bisnis model canvas. Sembilan blok/pilar utama bisnis model canvas, yaitu customer segments, value proposition, channels, revenue streams, key resources, customer relationship, key activities, key partnership, cost structure. Berikut penjelasan setiap elemen bisnis model canvas.

1. Customer Segments (Segmentasi Konsumen)

Elemen atau komponen business model canvas yang pertama adalah customer segment atau biasa dikenal dengan segmentasi konsumen. Dalam hal ini pelaku bisnis harus menentukan segmen konsumen mana yang akan menjadi target pasar bisnisnya. Segmentasi yang digunakan beragam, mulai dari usia, jenis kelamin, pekerjaan, keadaan ekonomi hingga status sosialnya. Beberapa poin ini dapat dijadikan acuan saat menentukan segmentasi konsumen.

Sebagai contoh brand minuman kopi menciptakan dua produk untuk memenuhi dua segmen konsumen yang berbeda. Lalu, ada sebuah maskapai pesawat menyediakan dua layanan untuk dua segmen konsumen yang berbeda. Saat menentukan segmentasi konsumen pada block BMC canvas ini, kamu bisa mempertimbangkan setidaknya tiga hal, yaitu:

Customer Jobs: Pada block ini diisi untuk mengetahui masalah apa yang ingin dipecahkan, kebutuhan yang ingin dipenuhi, dan tugas konsumen apa yang ingin diselesaikan;

Customer Gain: Untuk block business model canvas disini berfungsi untuk membedah manfaat apa yang diinginkan atau diharapkan oleh konsumen dari produk atau jasa bisnis kamu. Keinginan konsumen pada block BMC ini meliputi keinginan fungsionalitas, sosial, dan emosi;

Customer Pain: Dalam block ini menggambarkan beberapa emosi negatif dari konsumen, seperti apa yang bisa membuat konsumen tidak nyaman, ketakutan konsumen atau risiko.

2. Value Proposition (Proposisi Nilai Konsumen)

Elemen bisnis model canvas yang selanjutnya adalah value proposition. Dengan membuat value proposition kamu dapat mengetahui manfaat apa yang akan konsumen dapatkan saat menggunakan produk atau jasa yang kamu tawarkan. Dalam elemen ini kamu dapat menyusun nilai atau value yang akan diberikan kepada konsumen melalui produk atau jasa bisnis kamu. Kamu bisa menjabarkan keunggulan, kekuatan, dan keunikan yang membedakan produk kamu dengan kompetitor kamu.

Sebagai contoh kamu akan memulai bisnis coffee shop untuk mahasiswa. Keunikan atau kelebihan apa yang akan kamu berikan kepada konsumen sebagai pembeda dengan coffee shop kompetitor? Apakah harga yang ditawarkan lebih terjangkau? Apakah menu yang ditawarkan lebih beragam? Atau fasilitas yang diberikan lebih baik dari kompetitor.

3. Channels (Saluran)

Elemen pada BMC atau bisnis model canvas yang ketiga adalah channels (saluran). Maksud dari channels disini adalah media atau sarana yang akan kamu gunakan untuk menyampaikan produk dan jasa kepada konsumen. Channel menjadi salah satu faktor penentu keberhasilan bisnis kamu. Pikirkan dengan tepat saluran apa yang akan kamu gunakan untuk menjangkau konsumen.

Pada contoh bisnis coffee shop untuk mahasiswa, kamu bisa menggunakan saluran media sosial dalam menyampaikan value proposition kepada konsumen. Channel merupakan salah satu elemen penting dalam bisnis model canvas ini.

4. Revenue Streams (Sumber Pendapatan)

Dalam 9 elemen bisnis model canvas, revenue streams menggambarkan dari mana saja sumber pendapatan yang kamu dapatkan dari bisnis tersebut. Penting untuk kamu mengelola sumber pendapatan ini dengan semaksimal mungkin. Pikirkan bagaimana cara untuk meningkatkan dan memperbanyak sumber pendapatan dari bisnis yang kamu jalani. Kamu harus memikirkan dengan baik strategi apa yang bisa digunakan untuk memaksimalkan sumber pendapatan.

Contoh untuk bisnis coffee shop di atas, selain bisnis kamu mendapatkan pemasukan dari produk minuman yang kamu jual, kamu bisa memanfaatkan sumber pendapatan lain seperti menjual biji kopi, peralatan seduh kopi, kelas belajar kopi dan lain sebagainya. Pastikan kamu sudah memaksimalkan pendapatan bisnis dari berbagai sumber.

5. Key Resource (Sumber Daya)

Key resource adalah elemen bisnis model canvas yang berisikan daftar sumber daya yang sebaiknya bisnis kamu miliki untuk mewujudkan value proposition. Kamu perlu memiliki sumber daya yang sesuai guna mendukung berkembangnya bisnis dan tetap kompetitif. Dalam elemen key resource ini dapat dikategorikan menjadi empat bagian, yaitu:

Physical Resource: Tempat usaha, bangunan, mesin produksi, bahan baku dan jaringan distribusi;

Intellectual Resource: Merek, hak cipta, trademark;

Human Resource: Sumber daya manusia;

Financial Resource: Cash, kredit, dan lain sebagainya.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement