Rabu 12 Oct 2022 09:27 WIB

Pupuk Indonesia Raih Country Winner ''Best in Future of Industry Ecosystem''

Penghargaan ini disematkan pada aplikasi distributor dan kios resmi Pupuk Indonesia

 PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Best in Future of Industry Ecosystem dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022.
Foto: Pupuk Indonesia
PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Best in Future of Industry Ecosystem dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Best in Future of Industry Ecosystem dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022. Penghargaan ini disematkan terhadap ekosistem digital Retail Management System (RMS) atau REKAN, yaitu sebuah aplikasi untuk distributor dan kios resmi Pupuk Indonesia.

Direktur Transformasi Bisnis Pupuk Indonesia, Panji WinanteyaRuky, menyebutkan bahwa penghargaan ini adalah bentuk pengakuan publik internasional terhadap transformasi digital di Pupuk Indonesia. Dalam hal ini, aplikasi digital REKAN dinilai sebagai terobosan inovatif yang mampu meningkatkan efektifitas, transparansi, dan akuntabilitas pada jaringan distributor dan kios resmi Pupuk Indonesia.

Baca Juga

“Tantangan utama dalam mengembangkan aplikasi REKAN ini adalah bagaimana bisa menyelaraskannya dengan sejumlah peraturan, mengajak distributor dan kios untuk mau beradaptasi, hingga mengatur ulang proses bisnis agar mereka dapat beradaptasi dengan perubahan dan teknologi baru,” jelas Panji.

photo
PT Pupuk Indonesia (Persero) berhasil meraih penghargaan Best in Future of Industry Ecosystem dari International Data Corporation (IDC) Future Enterprise Award 2022. - (Pupuk Indonesia)

Dalam penerapannya, REKAN memiliki beragam manfaat.Pertama, digitalisasi tata kelola dan penyederhanaan proses penebusan pupuk. Kedua, mampu meningkatkan penelusuran penyaluran pupuk bersubsidi di tingkat kios berdasarkan data petani penerima subsidi dan geo-tagging. Ketiga, terintegrasi dengan sistem eksternal lainnya.Keempat, menyediakan laporan penebusan dan penagihan secara digital di dalam satu aplikasi.

Selanjutnya kelima, mempermudah administrasi pencatatan transaksi, pelaporan keuangan, pengelolaan stok, dan manajemen pegawai. Keenam, terdapat mode offline yang dapat berfungsi pada wilayah terpencil dengan kualitas sinyal kurang baik. Ketujuh, sistem point of sales penjualan produk non subsidi atau produk lainnya dan terintegrasi dengan supplychain retail Pupuk Indonesia dan digunakan dalam program Retail Management dan Program Makmur. Terakhir, mempermudah kontrol stok produk dan barang secara realtime.

“Dengan aplikasi ini, Pupuk Indonesia dapat memastikan penyaluran pupuk, terutama pupuk bersubsidi dapat menjadi lebih tepat sasaran. Karena lewat REKAN, Pupuk Indonesia dapat mengetahui ketersediaan stok bahkan hingga pupuk tersebut telah diterima oleh petani,” jelas Panji, dalam siaran persnya.

IDC Future Enterprise Awards sendiri adalah ajang penghargaan kepada perusahaan yang mampu memanfaatkan teknologi dalam melewati berbagai tantangan dan disrupsi di era digital yang sedang berkembang pesat. IDC berasal dari Amerika Serikat (AS) dan telah berdiri sejak tahun 1964. IDC menyediakan pelayanan di tingkat global seputar jasa intelijen pasar, konsultasi, dan event seputar teknologi informasi, telekomunikasi, dan pasar teknologi konsumen.

Terdapat total sebelas kategori penghargaan dalam ajang ini, dimana setiap kategori hanya dimenangkan oleh satu perusahaan atau perorangan dari setiap negara. Para pemenang telah melewati proses yang cukup ketat, karena penilaian dilakukan oleh para analis dari IDC, praktisi industri, pemimpin berpengaruh, hingga akademisi dari berbagai negara.

Selanjutnya, para pemenang dari setiap negara akan kembali berkompetisi ke tahap yang lebih tinggi, yaitu di tingkat regional dalam ajang IDC Asia/Pasific DX Summitand Future Enterprise Awards 2022 yang akan digelar di Singapura pada tanggal 26 Oktober 2022.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement