Kamis 25 Aug 2022 19:33 WIB

Resmi! Investree Group Miliki 18,4% Saham Amar Bank

Akuisisi saham Amar Bank oleh Investree tunjukkan kolaborasi fintech dan perbankan

Investree Group resmi memiliki 18,4% saham PT Bank Amar Indonesia Tbk.
Foto: Investree
Investree Group resmi memiliki 18,4% saham PT Bank Amar Indonesia Tbk.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Investree Group resmi memiliki 18,4% saham PT Bank Amar Indonesia Tbk (Amar Bank). Pada Mei, Investree Group dan Tolaram Group Inc. (Tolaram), pemegang saham pengendali Amar Bank, mengumumkan penandatanganan perjanjian transaksi untuk akuisisi saham minoritas signifikan oleh Investree Group di Amar Bank.

Selanjutnya pada Juni, Investree Group mengakuisisi 10,9% dari seluruh saham Amar Bank yang ditempatkan dan disetor penuh. Kini, Investree Group telah menyelesaikan transaksi dan meningkatkan kepemilikan sahamnya menjadi 18,4%. Langkah ini mengukuhkan kepemilikan saham minoritas platform fintech lending terkemuka di Asia Tenggara untuk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) ini terhadap Amar Bank.

Baca Juga

Co-Founder & CEO Investree Indonesia dan CEO Investree Regional, Adrian Gunadi, mengatakan Investree menyambut langkah terbaru ini dengan antusiasme tinggi. Inisiatif ini merupakan bagian untuk menciptakan lintas kolaborasi yang kohesif antara fintech dan perbankan serta bersama-sama melakukan inovasi produk, menyediakan layanan pembiayaan digital dan solusi bisnis yang lebih terintegrasi, serta memperluas jangkauan ke calon debitur atau pelaku UMKM di kota-kota yang menjadi bagian dari jaringan Amar Bank.

"Selain itu, akuisisi ini akan semakin memperkuat ekosistem solid milik Investree, yang memungkinkan peningkatan potensi strategis untuk memberdayakan UMKM di seluruh negeri. Setelah ini, kami berharap kami dapat mulai menjalankan inisiatif-inisiatif kunci yang disiapkan oleh Investree Group dan Amar Bank,” kata Adrian.

 

Mengomentari akuisisi tersebut, Presiden Direktur Amar Bank Vishal Tulsian mengatakan kemitraan strategis dengan Investree akan memperkuat posisi Amar Bank sebagai bank digital yang memanfaatkan teknologi untuk membawa dampak positif di negara ini. "Investree adalah pemain fintech lending terbesar di Indonesia dengan fokus yang kuat pada segmen UKM. Tunaiku produk Amar Bank adalah platform pinjaman digital untuk individu dan bisnis mikro berbasis big data yang terkuat, dan Senyumku adalah platform perbankan digital berbasis AI yang tercanggih. Neraca Amar yang kuat + pinjaman digital Tunaiku + perbankan digital Senyumku + Pinjaman UKM Investree + Ekosistem Investree = Siap menjadi Bank Digital Indonesia terkuat yang berfokus pada UMKM,” ujarnya.

Sejak transformasi digitalnya pada 2014, Amar Bank telah berkembang pesat. Karyawannya meningkat dari 17 orang pada tahun 2014 menjadi lebih dari 1.000 orang pada 2022 dan telah membawa pulang 28 penghargaan bergengsi sejak tahun 2017. Ini termasuk Penghargaan Implementasi Digital dari Majalah TOP Digital dan Penghargaan Perusahaan Asia Pasifik (APEA) pada tahun 2021.

Secara konsisten Amar Bank menyediakan layanan kredit yang dapat diakses oleh semakin banyak masyarakat dan bisnis mikro, khususnya yang unbanked dan underserved. Amar Bank melalui Tunaiku telah menyalurkan lebih dari Rp 8 triliun pinjaman untuk membawa dampak positif bagi kehidupan lebih dari 575 ribu nasabah.

Investree Group yang memiliki operasional di Indonesia di bawah PT Investree Radhika Jaya (Investree) berkomitmen untuk memperluas akses layanan keuangan bagi pelaku UMKM melalui solusi perbankan digital. Dengan mengakuisisi saham minoritas yang signifikan di Amar Bank, Investree Group percaya upayanya untuk meningkatkan inklusi keuangan dapat dipercepat.

Secara khusus, melalui sinergi yang kuat dengan Amar Bank, Investree Group bermaksud untuk mengembangkan produk-produk pembiayaan dan menawarkan solusi bisnis digital yang lebih luas untuk meningkatkan level operasional UMKM di seluruh negeri. Saat ini, Investree Group memiliki unit usaha yang bergerak di bidang credit-scoring inovatif dan solusi bisnis menyeluruh seperti e-invoicing dan manajemen stok.

Memanfaatkan ekosistem yang solid, Investree dan Amar Bank akan membangun bank digital untuk pelaku UMKM yang menjadi tulang punggung perekonomian negara, juga berkolaborasi silang dengan memaksimalkan produk-produk yang telah ada baik dari sisi Investree maupun Amar Bank untuk mengoptimalkan dukungan bagi UMKM.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement