Kamis 25 Aug 2022 10:17 WIB

Kementan Beri Bantuan Tiga Mesin Produk Hortikultura ke Pemkot Medan

Pemkot Medan mendapat bantuan dua unit mesin pendingin untuk produk hortikultura

Ilustrasi  pertanian. Kementan beri bantuan tiga unit mesin produk hortikultura ke Pemerintah Medan.
Ilustrasi pertanian. Kementan beri bantuan tiga unit mesin produk hortikultura ke Pemerintah Medan.

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Kementerian Pertanian (Kementan) memberi bantuan sebanyak tiga unit mesin produk hortikultura ke Pemerintah Kota Medan, Sumatera Utara (Sumut), untuk mengendalikan inflasi di bawah lima persen.

"Dalam waktu dekat ini mesin penyimpanan cabai satu unit, dan komoditas hortikultura dua unit tiba di Medan," terang Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan, Emilia Lubis di Medan, Rabu (24/5/2022).

Baca Juga

Mesin Controlled Atmosphere Storage (penyimpanan dengan udara terkendali), terang dia, memiliki kapasitas 2,5 ton dan mampu bertahan selama 2,5 bulan. Sedangkan dua unit mesin chiller mempunyai fungsi utama mendinginkan produk hortikultura dengan masing-masing berkapasitas satu ton dan bertahan dua pekan.

Diketahui, Pemkot Medan mengajukan permohonan bantuan kepada Kementerian Pertanian untuk mesin penyimpan berbagai produk hortikultura berkapasitas hingga 10 ton. "Mungkin akibat keterbatasan anggaran akhirnya kita dapat mesin bantuan yang total bisa menyimpan 4,5 ton," ucapnya.

Ia mengatakan bantuan ketiga mesin penyimpanan tersebut, begitu tiba di Kota Medan maka langsung diserahkan ke Dinas Ketahanan Pangan Kota Medan. "Baru kemudian kita serahkan ke Perumda Pasar. Rencana kita bila ketiga mesin itu sudah datang, kita adakan kerja sama antar daerah, termasuk pasokan produk hortikultura," tegas dia.

"Jadi saat harga rendah, kita akan ambil. Tapi bila harga tinggi, kita pasarkan dengan tidak setinggi harga di pasaran. Tujuan kita membantu konsumen, dan menekan angka inflasi," tutur Emilia.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement