Rabu 06 Jul 2022 21:54 WIB

Erick: BUMN Komitmen Perkuat Ekosistem Pers Nasional

Lewat BUMN Telkom dan Telkomsel Erick ajak pers untuk bekerja sama

Rep: Muhammad Nursyamsi/ Red: Ichsan Emrald Alamsyah
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir mengatakan  eksistensi pers dalam demokrasi sudah mengalami berbagai dinamika yang mengantarkan Indonesia hingga titik ini. Erick mengatakan ada hal lain yang perlu didorong bersama, yakni tentang pers yang memberikan pencerahan dan edukasi kepada seluruh elemen bangsa.
Foto:

Sebagai penggerak sepertiga ekonomi nasional, ucap Erick, BUMN mendukung penuh terwujudnya kolaborasi dan membangun ekosistem yang sehat demi pertumbuhan ekonomi dan kebaikan demokrasi. Menurut Erick, cita-cita pers yang mencerahkan tidak bisa hanya diubahkan oleh segenap insan pers saja, perlu adanya kerja sama dan kolaborasi dengan pihak-pihak yang sejalan dengan cita-cita pers yang mencerahkan demi mencerdaskan generasi muda Indonesia.

"76 tahun berdiri serikat perusahaan-perusahaan pers (SPS) selama ini telah menjadi salah satu penggerak terwujudnya ekosistem bisnis pers yang sehat berkelanjutan dan mencerahkan ke depannya," ungkap mantan Presiden Inter Milan tersebut.

Erick berharap SPS dapat semakin adaptif dalam menghadapi arus disrupsi yang berdampak langsung pada kinerja perusahaan pers sehingga masa depan perusahaan pers dapat direncanakan sesuai dengan peta jalan bisnis yang relevan dengan kekinian sekaligus bermanfaat untuk bangsa.

Melalui Telkom dan Telkomsel, Erick membuka kesempatan pers untuk saling bekerja sama. Telkom, lanjut kini berfokus pada pembangunan infrastruktur digital seperti pusat data, fiber optik, hingga komputasi awan. Sementara Telkomsel didorong menjadi agregator untuk berita nasional hingga konten lokal. Hal ini akan memperkuat daya saing pers lokal dalam menghadapi persaingan dengan media-media asing yang ada di Indonesia.

 

"Kita punya kekuatan bersama-sama, kemarin saya mendapat laporan Telkomsel mencoba membuat sebuah sistem periklanan, Tadex, ini upaya untuk supaya kita tidak terus tergantung dengan produk-produk periklanan yang dikolaborasikan dari luar negeri saja. Ayo mari kita perbaiki ekosistem kita bersama-sama, dengan segala kerendahan hati, saya membuka tangan saya," kata Erick menambahkan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement