Selasa 21 Jun 2022 16:12 WIB

ATT Group Sambangi PT PMLI Jajaki Kerja Sama Pendidikan dan Pelatihan Logistik

PT PMLI terus perkuat fundamental program pelatihan kepelabuhanan dan logistik

Pada Selasa (21/6/2022) PT PMLI menerima kunjungan studi banding atau benchmarking dari PT Anugerah Tangkas Transportindo Grup (ATT Group).
Foto: PMLI
Pada Selasa (21/6/2022) PT PMLI menerima kunjungan studi banding atau benchmarking dari PT Anugerah Tangkas Transportindo Grup (ATT Group).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA - Sinergi lintas korporasi baik BUMN dan swasta mutlak diperlukan guna meningkatkan kelancaran arus rantai logistik di Indonesia. Salah satunya dimulai melalui kerja sama pendidikan dan pelatihan bidang logistik.

Sinergi makin diperlukan seiring dengan upaya pemerintah untuk mewujudkan pemerataan harga komoditas baik pokok maupun komoditas sekunder antara wilayah barat dan wilayah timur Indonesia yang terus menjadi perhatian khusus. Salah satu yang menjadi faktor kunci dalam pemerataan harga komoditas tersebut adalah berfokus pada kelancaran arus logistik di Indonesia. 

Baca Juga

PT Pelabuhan Indonesia (Persero) sebagai salah satu simpul mata rantai logistik di Indonesia terus berupaya memaksimalkan pelayanan demi mempersingkat kegiatan bongkar muat kapal di pelabuhan. Upaya yang dilakukan di antaranya melalui standarisasi bidang operasional dan pelayanan di seluruh pelabuhan kelolaannya.

Hal tersebut tentu tidak mudah untuk dilakukan. Ini mengingat landasan utama yang menjadi kunci penyeragaman pelayanan adalah dengan keandalan Sumber Daya Manusia (SDM) dengan kapasitas dan kapabilitas yang mumpuni dalam memberikan pelayanan prima di pelabuhan.

PT Pendidikan Maritim dan Logistik Indonesia (PT PMLI) sebagai entitas di bawah Pelindo yang bergerak dalam bidang  pengembangan kapasitas SDM kepelabuhanan, maritim, dan logistik dipercaya untuk mengemban amanah tersebut. Dengan didukung fasilitas kelas dunia yang lengkap dan komprehensif, PT PMLI berkomitmen untuk turut serta mendukung upaya Pelindo dalam upaya mewujudkan standarisasi bidang pelayanan dan operasional pelabuhan.

Selain itu PT PMLI terus berupaya dalam memperkuat fundamental program pelatihan kepelabuhanan, maritim, dan logistik serta penataan subject matter expert (SME).  Berbekal visi untuk menjadi mitra strategis dalam pengembangan SDM khususnya dalam bidang kepelabuhanan dan logistik di Indonesia dan Asia Pasifik, serta didukung dengan fasilitas berkelas dunia telah menjadikan PT PMLI sebagai salah satu referensi studi banding berbagai korporasi dan instansi.

Pada Selasa (21/6/2022) PT PMLI menerima kunjungan studi banding atau benchmarking dari PT Anugerah Tangkas Transportindo Grup (ATT Group). Sebanyak 30 orang peserta kunjungan yang terdiri dari level manajerial secara langsung diterima oleh Direktur PT PMLI Nurjadin Surur di ruang 315 Gedung Learning & Innovation Center.

Dalam sambutannya, Direktur PT PMLI menyambut baik kunjungan tersebut. Ia menyampaikan harapan agar fasilitas yang ada di PT PMLI bisa dimaksimalkan secara bersama-sama.

“Kami mewakili manajemen PT PMLI dalam hal ini mengucapkan selamat datang kepada ATT Group di fasilitas pendidikan dan pelatihan kepelabuhanan, kemaritiman, dan logistik terbaik di Indonesia. Kami menyambut baik kunjungan ini dan tentunya mengajak kepada Bapak-Ibu semua untuk turut memaksimalkan fasilitas yang ada, karena sejatinya fasilitas yang ada di PT PMLI adalah milik kita bersama,” ujarnya.

Selain itu juga Direktur PT PMLI menambahkan bahwa dalam kunjungan ini semua yang hadir bisa saling berbagi dan belajar demi memberikan kontribusi kepada bangsa dan negara. Senada dengan apa yang disampaikan Direktur PT PMLI, Human Capital & General Affair Division Head ATT Group Iip Nashrullah menyampaikan ke depan apa yang bisa dikerjasamakan harusnya bisa ditindaklanjuti segera untuk kepentingan bangsa dan negara.

“Terima kasih atas kesediaannya dalam menerima kunjungan kami ini. Tentunya saya setuju dengan apa yang disampaikan oleh Pak Nurjadin. Di sini kita saling belajar dan tentu harapannya apabila ada hal-hal strategis yang sekiranya bisa dikerjasamakan bisa kita diskusikan. Bagaimana pun dalam hal ini kita semua memiliki tujuan yang sama yaitu untuk kepentingan bangsa dan negara,” tuturnya. 

Selain dihadiri jajaran manajemen PT PMLI, agenda ini juga turut hadir Departemen Head Perencanaan & Penyelenggaraan Pembelajaran Pelindo Ilham Leman dan Manager Strategi & Evaluasi Pembelajaran Pelindo David Rumeser. Dalam kesempatan ini keduanya menjelaskan terkait proses pembentukan Pelindo Corporate University dan Program Pelindo Learning Wallet 4.0 yang merupakan produk pembelajaran digital hasil kerja sama dengan PT PMLI. 

Kunjungan ini diisi dengan sesi diskusi dan tanya jawab terkait program pembelajaran dan pelatihan yang diberlakukan di Pelindo. Usai sesi diskusi, para peserta kunjungan melakukan sesi foto bersama di area PT PMLI.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement