Senin 20 Jun 2022 13:00 WIB

Isu PHK, Startup Digital Diminta Perhatikan Tiga Aspek Ini

Penerapan prinsip usaha merupakan kunci keberlanjutan usaha di semua sektor.

Rep: Fauziah Mursid/ Red: Friska Yolandha
Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G Plate meminta pelaku startup digital memperhatikan tiga aspek dalam pengelolaannya yakni prinsip usaha atau product dan service, skema pembiayaan, dan manajemen.
Foto:

Johnny menilai arti penting pendampingan idea generation dari founders startup digital. Sebab, para pendiri ini bukan businessman tetapi memiliki gagasan atau ide tentang teknologi yang baik.

"Hal yang dibutuhkan para founders adalah teknologinya, funding (pembiayaan), dan management. Pendampingan itu yang harus diberikan agar bertumbuh dan berkembang,” jelasnya.

Saat ini, pemerintah hadir untuk menjaga perusahaan startup digital agar tidak mengalami collapse sebelum waktunya. Menurut Johnny, startup digital yang memiliki potensi berkembang akan didampingi dan dibina dengan istilah scale up.

"Scale up itu mudah saja disebut, tetapi levelling-nya banyak. Sampai ada misalnya dibangun dari pertama dan selalu capital expenditure akan keluar terus karena butuh pengembangannya sampai kepada capital venture masuk, apakah stop? Tidak juga, perusahaan startup akan berkembang sampai nanti betul-betul giant financing backup-nya itu masuk baru nanti kategorinya besar," ujar dia.

Menkominfo mengatakan saat capital venture masuk ke startup digital, maka manajemen capital venture akan turut serta dalam startup digital. Oleh karena itu, pilihan produk dan pendampingan memiliki arti penting.

"Pemerintah bersama dunia usaha memberikan pendampingan mulai dari yang kecil-kecil yakni generasi milenial Indonesia, dengan harapan startup digital dapat berkembang," kata dia.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement