Sabtu 07 May 2022 18:58 WIB

Pengusaha Amerika Serikat Tambah 428 Ribu Pekerjaan di Tengah Inflasi

Pembukaan lowongan pekerjaan upaya Amerika Serikat hadapi tekanan ekonomi

Rep: Iit Septyaningsih/ Red: Nashih Nashrullah
Ilustrasi lowongan pekerjaan Amerika Serikat  (ilustrasi)  Pembukaan lowongan pekerjaan upaya Amerika Serikat hadapi tekanan ekonomi
Foto: EPA/ Wu Hong
Ilustrasi lowongan pekerjaan Amerika Serikat (ilustrasi) Pembukaan lowongan pekerjaan upaya Amerika Serikat hadapi tekanan ekonomi

REPUBLIKA.CO.ID, WASHINGTON DC – Pengusaha Amerika Serikat menambahkan 428 ribu pekerjaan pada April. Hal itu memperpanjang rentetan perekrutan yang solid dan telah menentang hukuman inflasi, kekurangan pasokan kronis, perang Rusia melawan Ukraina, serta biaya pinjaman yang jauh lebih tinggi. 

 

Baca Juga

Laporan pekerjaan hari Jumat dari Departemen Tenaga Kerja menunjukkan, perekrutan bulan lalu mempertahankan tingkat pengangguran di 3,6 persen, tepat di atas level terendah dalam setengah abad. Keuntungan perekrutan ekonomi telah sangat konsisten menghadapi inflasi terburuk dalam empat dekade.  

 

Pengusaha telah menambahkan setidaknya 400 ribu pekerjaan selama 12 bulan berturut-turut. Pada saat sama, pertumbuhan pekerjaan April, bersama dengan kenaikan upah yang stabil, akan mendorong belanja konsumen dan kemungkinan menjaga Federal Reserve di jalurnya untuk menaikkan suku bunga pinjaman secara tajam untuk melawan inflasi.  

 

Pasar saham Amerika Serikat merosot pada perdagangan Jumat pagi di tengah kekhawatiran bahwa kekuatan pasar kerja akan menjaga upah dan inflasi tetap tinggi dan menyebabkan biaya pinjaman yang semakin berat bagi konsumen dan bisnis. Suku bunga pinjaman yang lebih tinggi dapat, pada gilirannya, membebani keuntungan perusahaan.

 

"Dengan kondisi pasar tenaga kerja yang masih sekuat ini, termasuk pertumbuhan upah yang sangat cepat. Kami ragu The Fed akan mengabaikan rencana hawkishnya," kata Kepala Ekonom Amerika Serikat (AS) di Capital Economics, Paul Ashworth, seperti dilansir AP News, Jumat (6/5).

 

Angka ketenagakerjaan terbaru memang berisi beberapa catatan peringatan tentang pasar kerja. Pemerintah merevisi turun perkiraan kenaikan pekerjaan untuk Februari dan Maret dengan gabungan 39 ribu. 

 

Lalu jumlah orang dalam angkatan kerja menurun pada April sebesar 363 ribu, penurunan pertama sejak September. Keluarnya mereka sedikit mengurangi proporsi orang Amerika Serikat yang bekerja atau mencari pekerjaan dari 62,4 persen menjadi 62,2 persen. Banyak industri telah diperlambat oleh kekurangan tenaga kerja. 

 

Negara ini tetap memiliki 1,2 juta pekerjaan di bawah jumlah yang dimilikinya pada awal 2020, tepat sebelum pandemi menghantam ekonomi. "Kami membutuhkan orang-orang itu kembali," ujar Kepala Ekonom AS di S&P Global, Beth Ann Bovino. 

 

Bovino mencatat, beberapa orang Amerika tetap berada di sela-sela tenaga kerja karena kekhawatiran yang tersisa tentang Covid-19 atau karena kesulitan menemukan tempat penitipan anak yang terjangkau untuk anak-anak yang tidak divaksinasi. Pengusaha terus membagikan kenaikan gaji bulan lalu.  

 

Upah per jam naik 0,3 persen dari Maret dan 5,5 persen dari tahun lalu. Hanya saja, harga naik lebih cepat dari gaji. “Ya, kami melihat ada kenaikan gaji, tetapi dengan inflasi pada level tertinggi 40 tahun orang-orang masih terjepit," tuturnya.  

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement