Ahad 13 Mar 2022 19:27 WIB

Jamkrindo Fasilitasi Kegiatan Pemberdayaan Masyarakat di Garut

Jamkrindo mendukung upaya pemberdayaan difabel dan marjinal.

Rep: Novita Intan/ Red: Fuji Pratiwi
Jamkrindo. PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan berkelanjutan dan pendampingan yang sudah berlangsung sejak  2021 bagi masyarakat Garut, Jawa Barat.
Foto: bumn.go.id
Jamkrindo. PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan berkelanjutan dan pendampingan yang sudah berlangsung sejak 2021 bagi masyarakat Garut, Jawa Barat.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Jaminan Kredit Indonesia (Jamkrindo) kembali melaksanakan sejumlah kegiatan pemberdayaan berkelanjutan dan pendampingan yang sudah berlangsung sejak  2021 bagi masyarakat Garut, Jawa Barat. Adapun kegiatan dalam program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) Jamkrindo menggandeng entitas komunitas lokal di bawah naungan Yayasan Kelompok Kerja Salarea (Salarea Foundation).

Direktur Utama Jamkrindo Putrama Wahju Setyawan mengatakan, pemberdayaan masyarakat di Garut untuk mendukung tujuan pembangunan berkelanjutan, merangsang penciptaan lapangan pekerjaan layak, dan pertumbuhan ekonomi, serta komitmen perusahaan dalam merespons masalah lingkungan dan penanggulangan bencana.

Baca Juga

"Kami terus mendukung upaya dari kelompok masyarakat pada program pemberdayaan, penguatan ekonomi, dan pelestarian lingkungan," kata Putrama, Ahad (13/3/2022).

Program yang akan dijalankan tahun ini di Garut antara lain pendirian rumah semai, program teman barista bagi teman disabilitas, penanaman talas, penanaman pohon, pendanaan UMK. Pada Jumat (11/3/2022), Jamkrindo melaksanakan peletakan batu pertama pembangunan rumah semai, dilanjut dengan penanaman talas intan pratama.

 

Di sela-sela kegiatan, tim Jamkrindo juga melakukan kunjungan ke Rumah Sampah Salarea untuk melihat proses pengolahan sampah dan daur ulang sampah plastik. Bank sampah tersebut juga menjadi bagian dari pemberdayaan Komunitas Peduli Lingkungan (MPL) di bawah Salarea Foundation dengan fasilitasi dari Jamkrindo. Hari berikutnya, Sabtu (12/3/2022), Jamkrindo menyerahkan bantuan peralatan pengolahan kopi yang telah disesuaikan dengan kebutuhan dari para disabilitas dan pendampingan pelatihan barista bagi pelajar Sekolah Luar Biasa (SLB) A di Garut.

Keperpihakan Jamkrindo terhadap kalangan marjinal juga dibuktikan dengan pelatihan barista dan pendampingannya selama enam bulan bersama Pawon Kopi Salarea, yakni unit social entrepreneur dari Salarea Foundation. 

"Dalam hal ini, kalangan disabilitas juga memiliki hak dan kesempatan yang sama untuk mendapat fasilitasi pengembangan diri dan talenta, juga dalam berusaha untuk kemandirian mereka kemudian hari. Maka itu, Jamkrindo sangat mendukung upaya-upaya pemberdayaan kaum berkebutuhan khusus ini," ucapnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement