Rabu 09 Mar 2022 20:14 WIB

IBM Ungkap Alasan Industri Manufaktur Jadi Target Utama Serangan Siber

Secara global, penjahat siber paling menargetkan serangannya ke industri manufaktur.

Ransomware. IBM menyebut, penjahat siber menyadari bahwa gangguan yang diberikan pada industri manufaktur akan menyebabkan rantai pasokan hilir menekan industri untuk membayar uang tebusan.
Foto:

Melihat hal ini, IBM turut menyoroti kebutuhan industri atau organisasi untuk memprioritaskan manajemen kerentanan. Cin Cin mengatakan, keamanan siber (cybersecurity) memegang peranan yang penting agar sistem kritis dan informasi sensitif yang dimiliki suatu perusahaan atau organisasi tetap terlindungi.

Cin Cin juga mengatakan perusahaan perlu memahami keamanan siber tersebut sebelum memutuskan untuk masuk ke dalam agenda transformasi digital, seperti memutuskan untuk menggunakan lebih banyak komputasi awan untuk mendukung bisnis.  Ia menekankan bahwa strategi keamanan siber harus dilakukan secara tepat mulai dari sisi sumber daya manusia, proses, hingga teknologi.

Cin Cin juga mengingatkan pentingnya perusahaan untuk mulai menjalankan strategi keamanan. Di samping itu, harus ada perencanaan yang tepat.

"Kapan sebenarnya kita harus memprioritaskan keamanan siber agenda ini? Sebenarnya, jawabannya adalah 'kemarin'. Kemarin harusnya sudah dipikirkan. Tapi kita harus memulai saat ini juga karena semua harus datang dengan plan yang tepat," katanya.

sumber : Antara
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement