Sabtu 26 Feb 2022 06:43 WIB

Perusahaan-perusahaan Ini Paling Dirugikan Gara-Gara Serangan Rusia ke Ukraina

AS dan negara-negara Eropa akan menambah sanksi untuk Rusia.

 Seorang prajurit Angkatan Darat Ukraina memeriksa pecahan pesawat yang jatuh di Kyiv, Ukraina, Jumat, 25 Februari 2022. Tidak jelas pesawat apa yang jatuh dan apa yang menjatuhkannya di tengah invasi Rusia di Ukraina. Rusia menekan invasi ke Ukraina ke pinggiran ibukota setelah melancarkan serangan udara di kota-kota dan pangkalan militer dan mengirimkan pasukan dan tank dari tiga sisi.
Foto:

Perusahaan Amerika Serikat

ExxonMobil

Raksasa minyak Amerika memiliki lebih dari 1.000 karyawan di Rusia, dan telah berada di negara itu selama lebih dari 25 tahun.

Anak perusahaannya, Exxon Neftegas Limited (ENL), memiliki 30 persen saham di Sakhalin-1 — proyek minyak dan gas alam besar yang terletak di lepas Pulau Sakhalin di Timur Jauh Rusia. Ini telah mengoperasikan proyek tersebut sejak 1995 atas nama sebuah konsorsium yang mencakup mitra Jepang dan India, serta dua afiliasi dari perusahaan minyak terbesar Rusia, Rosneft.

McDonald's

Rantai burger telah mengkategorikan Rusia sebagai pasar dengan pertumbuhan tinggi dan terus membuka lokasi di sana selama dekade terakhir.

Mondelez

Pembuat Oreo dan pemilik Cadbury menjadi pembuat cokelat terkemuka di Rusia pada tahun 2018.

Perusahaan Asia

Japan Tobacco

Perusahaan tersebut mempekerjakan sekitar 4.000 orang di pabriknya di Rusia, dan pembayaran pajaknya pada tahun 2020 menyumbang 1,4 persen dari anggaran negara Federasi Rusia, kata perusahaan itu di situs webnya. Bekas monopoli tembakau bergantung pada Persemakmuran Negara-Negara Merdeka, termasuk Rusia dan Belarusia, untuk sekitar seperlima dari keuntungannya.

Marubeni

Rumah perdagangan Jepang memiliki empat kantor di Rusia, di mana ia menjual ban untuk peralatan pertambangan dan mengelola pusat pemeriksaan kesehatan.

Mitsubishi

Perusahaan mendistribusikan kendaraan Mitsubishi Motor melalui sekitar 141 dealer di Rusia dan memiliki saham dalam proyek pengembangan gas dan minyak Sakhalin II yang memasok Jepang dengan gas alam cair dan memperdagangkan batu bara, aluminium, nikel, batu bara, metanol, plastik, dan bahan lainnya. Ini juga memasok peralatan pembangkit listrik dan mesin lainnya ke Rusia.

SBI Holdings

SBI Bank, didirikan hampir tiga dekade lalu, menawarkan layanan korporasi dan pinjaman kepada perusahaan Jepang yang memperluas operasinya di Rusia.

Toyota

Pabrik perusahaan di Saint Petersburg, Rusia, membuat kendaraan Camry dan Rav4, dan memiliki kantor penjualan di Moskow. Ini memiliki sekitar 2.600 staf, termasuk 26 warga negara Jepang, di lokasi tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement