Kamis 24 Feb 2022 22:09 WIB

AP II dan Hotel Indonesia Natour Teken MoU Pengelolaan Hotel

Saat ini AP II memiliki empat hotel di kawasan bandara.

Hotel bandara (ilustrasi). PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Rencana Kerja Sama Penyediaan Jasa Operator Hotel pada Kamis (24/2/2022).
Foto: Angkasa Pura II
Hotel bandara (ilustrasi). PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Rencana Kerja Sama Penyediaan Jasa Operator Hotel pada Kamis (24/2/2022).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- PT Angkasa Pura II (Persero) dan PT Hotel Indonesia Natour (HIN) menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) tentang Rencana Kerja Sama Penyediaan Jasa Operator Hotel pada Kamis (24/2/2022). President Director AP II Muhammad Awaluddin mengatakan kolaborasi antara AP II dan HIN mendukung PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) atau InJourney Holding dalam memperkenalkan Indonesian Hospitality di sektor pariwisata dari hulu hingga hilir.

"Rencana kerja sama AP II dan HIN yang merupakan anggota dari InJourney Holding ini guna mendukung terwujudnya Indonesian Hospitality di sektor pariwisata dari hulu hingga hilir, di mana traveler atau wisatawan akan merasakan layanan dan fasilitas dengan konten lokal berlandaskan Indonesian Hospitality mulai dari bandara, hotel, destinasi wisata dan lokasi lainnya," katanya dalam keterangaN pers tertulis, Kamis (24/2/2022).

Baca Juga

Awaluddin mengatakanIndonesian Hospitality adalah nilai unikdari pariwisata Indonesia. Melalui MoU ini, akan dikaji rencana kerja sama pengelolaan hotel milik AP II oleh anak usaha HIN yaitu PT Hotel Indonesia Group.

Ia optimis Indonesian Hospitality menjadi nilai penting yang dapat membangkitkan pariwisata Indonesia yang tertekan akibat pandemi Covid-19."Nantinya, kerja sama diharapkan dapat membuat AP II selaku pengelola bandara fokus memberikan Indonesian Hospitality di terminal penumpang pesawat, sementara hotel AP II yang dikelola Hotel Indonesia Group juga dapat memberikan Indonesian Hospitality dengan baik," ujarnya.

Saat ini AP II memiliki tiga hotel di kawasan Bandara Soekarno-Hatta dan satu hotel di Bandara Kualanamu. Di samping itu, tengah dibangun satu hotel di Terminal 3 Area Domestik dan ke depannya direncanakan pembangunan satu hotel di Bandara Kualanamu.

Menurut dia, pembangunan hotel di Bandara Soekarno-Hatta juga untuk meningkatkan daya saing bandara ini dengan bandara-bandara kelas dunia lainnya.Bandara Soekarno-Hatta saat ini sudah memiliki berbagai fasilitas seperti Skytrain, Stasiun Kereta Bandara, Heliport, Hotel Bintang 4, lalu Hotel Kapsul dan berbagai fasilitas lounge. 

Saat ini juga tengah dibangun satu hotel di Terminal 3 Area Domestik.Ia menyampaikan fokus pembangunan hotel saat ini masih di kedua bandara tersebut karena lalu lintas penerbangan lebih tinggi dibandingkan dengan bandara-bandara AP II lainnya."Di kedua bandara itu juga terdapat sejumlah penerbangan lanjutan (connecting flight). Permintaan untuk hotel cukup tinggi di kedua bandara ini," katanya.

Sementara itu, Direktur Utama HIN Iswandi Said menuturkan kolaborasi ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas dari hotel yang dimiliki AP II."Kolaborasi melalui MoU ini dalam rangka rencana kerja sama AP II dan HIN. Kami berharap HIN, melalui anak usahanya yakni PT Hotel Indonesia Group dapat meningkatkan nilai, kualitas dan pelayanan pengelolaan hotel sesuai Indonesian Hospitality," katanya.

Iswandi menambahkan bahwa MoU untuk mewujudkan kerja sama dan sinergi ini dilakukan berdasarkan prinsip tata kelola perusahaan yang baik (good corporate governance/GCG) dan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

 

sumber : Antara

Dapat mengunjungi Baitullah merupakan sebuah kebahagiaan bagi setiap Umat Muslim. Dalam satu tahun terakhir, berapa kali Sobat Republika melaksanakan Umroh?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement