Senin 07 Feb 2022 08:01 WIB

Kemenhub Berencana Pindahkan 6 Kapal dari Pelabuhan Ketapang

Ini untuk meningkatkan layanan penyeberangan khususnya menuju Lembar dan Kupang.

Rep: Rahayu Subekti/ Red: Fuji Pratiwi
Kapal Motor Penumpang (KMP). Ditjen Perhubungan Darat Kementeeian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan memindahkan sebanyak enam kapal dan dia lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur.
Foto: Antara/Bayu Pratama S
Kapal Motor Penumpang (KMP). Ditjen Perhubungan Darat Kementeeian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan memindahkan sebanyak enam kapal dan dia lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ditjen Perhubungan Darat Kementeeian Perhubungan (Kemenhub) berencana akan memindahkan sebanyak enam kapal dan lintasan dari Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi ke Pelabuhan Jangkar, Situbondo, Jawa Timur.

Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setiyadi mengatakan hal tersebut dilakukan untuk meningkatkan layanan angkutan penyeberangan yang kian diminati masyarakat khususnya menuju Lembar NTB dan Kupang NTT.

Baca Juga

"Rencannya akan dilakukan pemanfaatan Pelabuhan Jangkar sebagai salah satu simpul transportasi untuk melayani masyarakat yang ingin menuju Lembar dan Kupang," kata Budi dalam pernyataan tertulisnya, Ahad (6/2/2022). 

Budi menjelaskan, dengan adanya pemindahan tersebut tentu akan menimbulkan dampak positif dan negatif. Meskipun begitu, dia memastikan pemerintah terus berupaya untuk meningkatkan dari berbagai aspek termasuk aspek keamanan saat penumpang menunggu serta aspek kenyamanan. 

"Pada dasarnya kami mendukung pemerintah daerah untuk memindahkan lintasan tersebut melihat sisi positifnya juga yaitu untuk meningkatkan perekonomian masyarakat Situbondo dan sekitarnya, menghemat waktu perjalanan selama dua jam, termasuk biaya yang harus dikeluarkan saat perjalanan," jelas Budi. 

Budi juga mengimbau kepada epmerintah daerah untuk memperhatikan akses jalan keluar dari Pelabuhan Jangkar. Secara teknis maupun kondisi eksisting, Budi mengatakan, Pelabuhan Jangkar sudah cukup bagus dan pemerintah daerah juga akan menambah buffer zone

Dengan adanya rencana tersebut, masyarakat yang berada di sekitar Probolinggo, Malang, Pasuruan, Lumajang, dan Jember nantinya juga bisa menggunakan layanannya. Khususnya untuk menyemarakkan acara Moto GP pada Maret 2022. 

Pelabuhan Jangkar saat ini melayani operasional keperintisan meliputi empat lintasan dengan tiga unit kapal di antaranya KMP. Munggiyango Hulalo rute Jangkar-Kangean dan rute Jangkar-Kalianget, KMP Satya Kencana rute P.Sapudi-Jangkar, dan KMP Dharma Kartika rute Raas-Jangkar.

Sementara ituz Bupati Situbondo Karna Suswandi mengatakan memastikan siap melayani trayek baru yakni Jangkar-Lembar dan Jangkar-Kupang. "Nantinya para sopir tidak perlu bersusah-payah melalui tanjakan yang cukup tinggi sebab melalui Pelabuhan Jangkar ini perjalanan menuju Lembar maupun Kupang menjadi lebih cepat, aman, dan selamat," kata Karna.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement